3 Lokasi Gua dan Karst Terbaik di Yogyakarta yang Menunggu untuk Ditaklukkan

Gua Pindul Jogja

Tempat wisata alam di Jogja sangatlah beragam. Anda bisa menikmati banyak objek wisata, mulai dari wisata pantai yang unik di bagian selatan, kawasan dataran tinggi dengan pemandangan alam yang spektakuler, juga sejumlah air terjun yang sayang jika tidak dijelajahi. Oh ya, Yogyakarta juga memiliki cukup banyak gua yang menarik, dan beberapa di antaranya bisa digunakan untuk tubing.

Tubing adalah aktivitas menaiki ban di dalam gua atau aliran perbukitan karst yang memiliki aliran sungai. Anda bisa merasakan sensasi mengalir di dalam gua—yang kadang gelap—dengan kiri-kanan stalaktit dan stalagmit yang indah. Nah, berikut ini adalah 3 gua atau aliran karst di Yogyakarta yang cocok untuk aktivitas tubing.

  1. Gua Pindul Jogja

goa-pindul.2
Gua Pindul Jogja
Sungai Kali Oyo Goa Pindul

Gua Pindul adalah lokasi paling tepat bagi Anda yang ingin merasakan sensasi mengapung di atas ban yang telah memiliki pengaman. Sejauh kurang lebih 350 meter, Anda akan menyusur gua yang memiliki tingkat kedalaman air dan lebar aliran yang berbeda, yaitu dengan kedalaman sekitar 1-12 meter dan lebar aliran sungai 1-4 meter.

Waktu yang tepat untuk datang ke Gua Pindul adalah pada pukul 10.00-12.00 siang. Pada jam-jam ini, udara di dalam gua tidak terlalu dingin dan pencahayaannya pun cukup baik. Anda dapat melihat berkas cahaya yang muncul dilubang-lubang vertikal yang ada di dinding gua. Pemandangan ini sangat indah, sehingga Anda wajib mengabadikannya dengan kamera.

Oh ya, di kiri dan kanan dari aliran sungai juga terdapat stalaktit dan stalagmit yang indah. Mengingat proses pembentukannya sangat lama, bahkan jutaan tahun, maka Anda harus menjaganya dan jangan samapi melakukan perusakan dengan dalih apa pun.

Lokasi: Bejiharjo, Wirawisata, Gelaran 2, Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta

  1. Karst Tubing Sedayu

tempat wisata baru di jogja – karst tubing jogja
tempat wisata jogja terbaru – karts tubing jogja

Gua Pindul memang sangat menarik dan tepat untuk dijadikan tempat tubing dengan aliran yang cukup panjang. Namun, saat musim liburan atau akhir pekan, pengunjung yang datang akan membludak. Akibatnya Anda susah menikmati perjalanan sepanjang aliran sungai.

Berangkat dari keadaan tersebut, karst tubing yang terletak di Sedayu muncul menjadi pelipur lara. Pengunjung yang datang ke sini bisa merasakan serunya meluncur di aliran air yang cukup deras sekitar bukit karst.

Di atas ban yang cukup besar, siapa saja bisa berbasah-basahan tanpa takut jatuh tenggelam, karena dilengkapi dengan rompi pelampung. Rute perjalanan sungai yang membelah perbukitan karst ini berjarak sekitar 2 kilometer. Jadi, bersiaplah puas dengan keseruannya.

Lokasi: Jl. Raya Wates – Jogjakarta Km. 9, RT. 3, Argomulyo, Sedayu, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta

  1. Gua Kalisuci Gunungkidul

goa kalisuci jogja.2
goa kalisuci jogja

Selain di Sedayu, alternatif lain kalau Gua Pindul sedang ramai pengunjung adalah Gua Kalisuci. Berbeda dengan Gua Pindul yang alirannya lumayan tenang meski beberapa bagian ada yang sempit. Gua Kalisuci memiliki aliran sungai yang cukup deras dan penuh jeram di beberapa tempat. Siapa saja yang melewati jeram itu bisa merasakan sensasi arung jeram rasa tubing yang sangat seru.

Gua Kalisuci memiliki cukup bayak batuan gua yang kadang meneteskan air. Kalau Anda sedang beruntung, beberapa kelelawar suka berkeliaran atau tidur dengan posisi menggantung.

Untuk menjelajahi Gua Kilisuci dan aliran sungainya yang deras, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dan melewati beberapa gua lain seperti Gua Suci, Gua Omah, Gua Glatikan, Gua Gelung, dan Gua Brubug.

Lokasi: Jetisa Wetan, Pacarejo, Semanu, Pacarejo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

Inilah 3 lokasi gua dan perbukitan krast yang menjadi tempat wisata alam di Jogja. Semoga bahasan di atas bisa menambah daftar referensi bahan jelajahan saat berada di Yogyakarta.

Add Comment