Candi Borobudur Candi Budha Terbesar di ASIA!

Candi_Borobudur_3Siapa yang tak kenal dengan Candi Borobudur? salah satu warisan Indonesia yang sangat menakjubkan yang tentunya tak hanya dikenal di Indonesia namun sekarang sudah menjamur hingga mancanegara. Selain itu Candi Borobudur menjadi salah satu tempat yang telah di tetapkan oleh UNESCO pada tahun 1991 sebagai warisan Indonesia.

Candi Borobudur sendiri menjadi Cagar Budaya di Indonesia yang dapat di kunjungi oleh kalangan mana pun,  dan tak hanya orang pribumi yang di sekitaran Candi Borobudur, wisatawan domestic kota lain hingga mancanegara pun penasaran untuk dapat berkunjung ke Candi Borobudur.

Luas dari Candi Borobudur sendiri memiliki 123 x 123 Meter persegi, dan memiliki arca sebanyak 504, stupa 72 pada puncak candi terdapat Induk stupa yang di susun sebanyak 10 tingkat. Uniknya Candi Borobudur sendiri tidak menggunakan bahan-bahan perekat layaknya sebuah rumah yang harus berpondasi besi,beton dan semen untuk merekatkannya. Luar biasa sekali bukan?

Candi Borobudur sendiri memiliki Mitos yang cukup mengundang orang untuk melakukannya, yaitu dengan memasukan tangan kedalam lubang Stupa, jika tangan anda dapat menyentuh arca didalamnya maka keinginan dan impian anda akan terkabulkan.

Sejarah Singkat Mengenai Candi Borobudur

Candi Borobudur awalnya di bangun pada Abad ke-9 kala itu pada dinasti Syailendra yang berada di bawah pemerintahan Raja Samaratungga, Candi Borobudur sendiri di Arsiteki oleh seseorang yang bernama Gunadharma yang telah berhasil merancang Candi yang sangat kompleks ini, meski tidak di bantu dengan teknologi modern seperti sekarang.

Pembangunan candi Borobudur ini dapat dirampungkan dengan kurun waktu 50-70 Tahun. Pada masa itu Candi Borobudur sendiri digunakan untuk kegiatan kegamaan terbesar pada masanya, hingga pada Abad ke-15 masuknya islam ke Indonesia dan mulai beralih menjadi memeluk agama Islam.

Setelah masyarakat mulai memeluk agama Islam, Candi Borobudur mulai di tinggalkan dan tidak terawat sebagaimana mestinya. Hingga kemudian Gunung merapi meletus dan menyemburkan Abu Vulkanik yang menutupi semua bangunan Candi Borobudur. Pada tahun 1814 datang seorang Ilmuan dari Inggris yang bernama Sir Thomas Stamford Raffles yang kala itu ia mempercayai ada bangunan yang tertimbun abu vulkanik.

Namun saat di telusuri bangunan Candi Borobudur tidak hanya di tutupi oleh abu vulkanik tetapi di tutupi juga oleh semak belukar. Sampai akhirnya dengan bantuan dari para ilmuan dari seluruh dunia, masyarakat Indonesia dan juga UNESCO, kini Candi Borobudur menjadi kembali kokoh seperti di masa kejayaan sebelumnya, dan telah beberapa kali mengalami rekontruksi dan rehabilitasi.

Lantas apa saja yang menarik di Candi Borobudur?

1.Tempat Wisata Sekaligus Belajar

Anda dapat menjadikan Candi Borobudur sebagai tempat belajar sejarah, satra dan seni budaya yang sekaligus dapat digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga ataupun bersama teman – teman. Pembelajaran di Candi Borobudur yang akan anda dapatkan adalah mengenai relief Candi Borobudur dan juga sejarah pada masa lampau.

  1. 2. Tempat Untuk Berburu Foto

Tentu saja, Candi Borobudur memiliki banyak spot atau area untuk anda jadikan dokumentasi diri atau foto bersama teman – teman. Dengan background bangunan paling megah se-Asia dan juga relief – relief yang cantik, sangat cocok untuk anda dokumentasikan. Disini juga anda dapat berburu foto dengan orang – orang bule, sehingga foto anda akan terlihat seperti di luar negri.

3. Berburu Sunrise
Berburu matahari terbit di Candi Borobudur sungguh pengalaman yang menyenangkan dan benar – benar sensasional. Karena anda dapat menikmati matahari terbit diantara gunung merapi dan merbabu. Selain itu juga, kemegahan candi borobudur dapat terlihat cantik dan eksotis.

Candi Borobudur

  1. 4. Berbagai Souvenir Tersedia

Selain dapat melakukan Berburu foto dan Belajar tentu anda dapat membeli souvenir khas Yogya yang tak boleh anda lewatkan, terdapat berbagai souvenir seperti kaos, tas, topi dan souvenir mini yang cukup murah harganya, jika ingin lebih murah anda dapat menawarnya dengan wajar tentunya.

Dan masih banyak lagi yang tentunya membuat anda rindu untuk melawat kembali ke Candi Borobudur, saat akan melawat ke Candi Borobudur sebaiknya pada sore hari karena pada siang hari terik matahari sangat panas, dan juga pada sore hari anda akan mendapatkan view yang mengagumkan untuk berburu foto.

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Tiket masuk untuk Dewasa : Rp. 30,000,-
Tiket masuk untuk Anak-anak: Rp. 12,500,-
Tiket masuk Wisatawan Asing Dewasa : Rp. 195,000/ $15
Tiket masuk Wisatawan Asing Anak-anak : Rp. 65,000/ $5

Note* Kurs $1 : Rp. 13,000

Akses Jalan Menuju Candi Borobudur

Untuk menuju ke Candi Borobudur, anda dapat menggunakan layanan Sewa Motor Jogja atau Sewa Mobil Jogja. Jika anda menggunakan kendaraan umum, candi borobudur dapat anda tempuh menggunakan bus Jogja – Borobudur. Anda dapat naik dari Terminal Jombor Jogja. Setelah sampai pasar Borobudur, anda tinggal jalan kaki menuju ke Candi Borobudur sekitar 10 menit.

Candi Borobudur biasanya merupakan pilihan wajib bagi wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke Jogja. Naahh.. sekarang bagaimana dengan anda?? Apakah sudah siap Wisata ke Jogja dan berkunjung ke Candi Borobudur?? Kami akan selalu siap melayani anda kapan saja.

Add Comment