Candi Prambanan Candi Cantik di Yogyakarta

Candi PrambananCandi Prambanan merupakan candi tercantik di Yogyakarta. Saat anda berwisata ke Yogyakarta, sebaiknya anda tidak boleh melewatkan untuk mengunjungi Candi Prambanan, yang merupakan candi tercantik nan elegan ini letaknya tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta, tepatnya di Jl. Raya Yogya-Solo yang dapat di tempuh menggunakan kendaraan pribadi atau dapat menyewa di sekitaran Jogja.

Berbeda dengan Candi Borobudur yang menjadi candi Buddha terbesar di Asia maupun dunia, Candi Prambanan merupakan Candi Hindu yang termasuk dari situs Warisan dunia UNESCO, Candi Prambanan di nobatkan sebagai Candi Hindu terbesar di Indonesia dan menjadi salah satu Candi Hindu di Asia Tenggara.

Tentu kita sebagai masyarakat Indonesia patut berbangga dengan masuknya Candi Prambanan kedalam Warisan Dunia UNESCO ini sehingga dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia lewat tempat-tempat yang indah yang menjadi incaran favorit wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Sejarah Roro Jonggrang di Candi Prambanan

Sejarah Candi Prambanan ini cukup melekat di masyarakat setempat, sebuah cerita pada masa lampau yaitu cerita Roro Jonggrang, kala ada seorang pemuda sakti yang bernama Bandung Bondowoso yang bertemu dengan Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso sendiri tertarik untuk mempersunting Roro Jonggrang sebagai Istri, namun Roro Jonggrang menolak untuk menerima Bandung Bondowoso, hingga akhirnya Roro Jonggrang memberikan permintaan yang tak mungkin dapat di lakukan Bandung Bondowoso, yaitu membuat 1000 Arca dalam 1 malam sebelum pagi menjelang.

Namun Bandung Bondowoso tidak menyerah dan langsung menyanggupinya, dengan kesaktiannya dan bantuan para Jin Bandung Bondowoso mulai membuat candi dalam satu malam. Pada saat tengah malam Bandung Bondowoso telah membuat 999 arca dan hampir menyelesaikan permintaan Roro Jonggrang, namun Roro Jonggrang tidak kehabisan akal.

Roro jonggrang meminta bantuan masyarakat untuk membuat tiruan suara ayam berkokok agar Bandung Bondowoso gagal untuk membuat 1000 arca dalam 1 malam, Bandung Bondowoso pun murka dan mengukutuk Roro Jonggrang menjadi Arca ke 1000. Sehingga di Candi Prambanan ada sebuah arca yang bentuknya mirip perempuan cantik dan sering di yakini bahwa itu merupakan Arca Roro Jonggrang.

candi prambanan

Wisata Menarik di Candi Prambanan

Sama halnya dengan Candi Borobudur, Candi Prambanan juga memiliki banyak sekali spot atau area yang dapat anda jadikan dokumentasi untuk anda. Candi Prambanan memiliki arsitektur bangunan yang menjulang tinggi dan ramping yang sesuai dengan arsitektur budaya Hindu pada umumnya.

Candi Prambanan memiliki Candi utama yang bernama Candi Siwa, candi ini memiliki ketinggian hingga 47 meter ditengah bangunan kompleks Candi Prambanan.

Candi Prambanan memiliki 3 Candi utama, yaitu Candi Wisnu, Candi Brahma dan Candi Siwa, dan yang paling besar ukurannya adalah Candi Siwa yang terletak di tengah bangunan kompleks Candi Prambanan. 3 Candi tersebut melambangkan Tri Mukti sesuai kepercayaan agama Hindu.

Saat anda memasuki Candi Prambanan anda akan di suguhi oleh 3 Candi utama menghadap ke timur dengan candi pasangannya yang menghadap ke barat, candi pasangan tersebut bernama Nandini, Garuda dan Angsa.

Selain itu terdapat juga candi apit 2 buah, candi kelir 4 buah dan candi sudut 4 buah, dan di halaman kedua terdapat banyak candi terhitung semuanya ada 224 candi, saat anda memasuki candi utama yaitu Candi Siwa, anda kan menemukan 4 ruang arca. Ruang utama di isi oleh Arca Siwa, dan 3 arca lainnya di isi oleh Arca Durga (istri Siwa), Arca Ganesha (Putra Siwa) dan Agastya (Guru Siwa).

Arca yang dipercaya Roro Jonggrang adalah Arca Durga seperti cerita singkat diatas, sebelah selatan hanya berupa Candi Brahma dan juga satu ruang Arca Brahma, kemudian sebelah utara terdapat Candi Wisnu dan satu ruang Arca Wisnu. Demikian gambaran mengenai letak didalam Candi Prambanan yang mungkin dapat memberikan sedikit pengetahuan didalamnya.

tiket-candi-prambanan

Tiket Masuk Candi Prambanan

Tiket masuk orang Dewasa : Rp. 30,000
Tiket masuk anak-anak : Rp, 12,500
Tiket masuk Wisatawan Asing Dewasa : Rp. 195,000 / $15
Tiket masuk Wisatawan Asing Anak-anak : Rp. 65,000 / $5

Sebaiknya mengunjungi Candi Prambanan saat pagi hari atau sore hari, karena saat siang terik matahari saat di tengah kepala, dan juga view untuk memburu foto kurang mengasyikan. Selain itu juga, candi prambanan dapat anda akses dengan mudah dengan menggunakan Bus Transjogja dari Kota Jogja, perjalanan menuju ke Candi Prambanan akan ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam.

Selain itu juga anda dapat mengunjungi Candi Prambanan dengan menggunakan jasa Sewa Motor Jogja atau Sewa Mobil Jogja bersama sewamotordijogja.com. Dengan pelayanan sewa motor, anda dapat berkeliling candi prambanan dan juga obyek wisata lainnya di Jogja dengan lebih mudah.

Semoga informasi obyek wisata Candi Prambanan tadi dapat memberikan manfaat untuk  anda semuanya.

2 thoughts on “Candi Prambanan Candi Cantik di Yogyakarta

Add Comment