Gumuk Pasir Parangkusumo, Jogja Hanya Terdapat 2 Gumuk di Dunia!

Gumuk Pasir ParangkusumoGumuk Pasir Parangkusumo – Wisata Jogja tidak hanya tentang atau wisata kuliner serta wisata belanja, yang mana Jogja memang di kenal lebih murah dari kota – kota lainnya. Namun tempat wisata di Jogja yang satu ini, agak sedikit berbeda dan juga langka dibandingkan dengan obyek wisata lainnya. Karena tempat wisata ini hanya ada 2 saja di Dunia.

Yupp.. ini soal gumuk pasir parangkusumo yang sering dijadikan lokasi syuting Film Layar Lebar. Terakhir Gumuk Pasir Parangkusumo dijadikan lokasi syuting Film Ada Apa Dengan Cinta 2 ( AADC ). Cinta ( diperankan oleh Dian Sastrowardoyo ) dan Kawan – Kawan bermain di Pantai Parangtritis dan juga Gumuk Pasir Parangkusumo.

15 LOKASI SYUTING FILM AADC2 DI JOGJA

Di sebelah selatan pusat kota Jogja tepatnya di kawasan Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul ini tidak terlalu jauh seperti pantai Depok, pantai Parangkusumo serta pantai yang cukup terkenal yaitu pantai Parangtritis. Gumuk pasir di Parangkusumo sendiri merupakan gundukan ( kumpulan ) abu vulkanik Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang terbawa oleh sungai Opak, dan seiring berjalannya waktu gumuk pasir ini bisa berpindah – pindah dengan artian semakin meluas tanpa kita sadari.

Gurun pasir ini dinamakan Gumuk Pasir Parangkusumo, kenapa gumuk bukan gurun pasir saja? Ya mungkin karena letaknya di Jawa Tengah, jadi harus menggunakan bahasa Jawa. Gumuk sendiri diambil dari bahasa Jawa yang artinya tumpukan atau gundukan, Sedangkan Parangkusumo sendiri adalah daerah dari tempat gumuk pasir ini.

Apa yang menarik dari Gumuk Pasir Parangkusumo?

Yang menarik dari Gumuk Pasir Parangkusumo ini adalah keindahan alamnya. Tekstur dan bentuk gumuk pasir yang alami karena terpaan angin, membuat lukisan alam gumuk pasir dapat anda abadikan dengan kamera anda. Bisa sebagai beckground foto selfie anda atau juga bisa foto pemandangan gumuk pasir sendiri. Dengan background gumuk pasir parangkusumo, foto anda serasa berada di Padang Pasir.

Gumuk Pasir Parangkusumo.4

Ohya… Selain bisa berfoto – foto ria, Gumuk Pasir Parangkusumo terkadang dapat digunakan untuk bermain sandboarding untuk anak – anak muda. Anda pernah mendengar istilah Sandboarding? Sand = Pasir, Boarding = Meluncur. Sandboarding atau lebih tepatnya kegiatan berselancar di pasir, jika berselancar di air dinamakan dengan surfing maka kegiatan sandboarding tidak jauh berbeda dengan berselancar air.

Di gumuk pasir ini di sediakan wahana bermain Sandboarding, karena kawasan gumuk pasir ini terbentuk seperti perbukitan yang menyenangkan, sehingga anda  dapat melakukan olahraga Sandboarding di tempat ini dengan menaiki perbukitan terlebih dahulu sebelum berselancar kebawah menggunakan papan pasir ini. Untuk dapat menyewa Sandboarding ini pengunjung di kenakan biaya Rp. 150.000,- sampai puas, mahal kah? Jika di bandingkan dengan gurun pasir yang terletak di luar negeri jauh lebih mahal seperti Negara Mesir dan Namibia.

Namun sayangnya, jika hujan turun maka aktivitas Sandboarding tidak dapat di lakukan, karena gumuk pasir ini terkena curah hujan sehingga perbukitan gumuk pasir ini basah dan anda harus menunggu beberapa hari lagi untuk dapat melakukannya lagi.

Gumuk Pasir Parangkusumo Sandboarding

Selain wahana Sandboarding, di Gumuk Pasir parangkusumo ini adalah tempat langka di Jogja, bahkan di Indonesia sehingga tempat ini sering kali digunakan untuk keperluan background membuat video bahkan untuk kebutuhan pre-wed sendiri. Karena memang suasana di gumuk pasir parangkusumo ini seperti berada di luar negeri.

Fasilitas Gumuk Pasir Parangkusumo

Fasilitas sendiri dari Gumuk Pasir Parang Kusumo ini belum memiliki fasilitas yang lengkap namun tersedia beberapa fasilitas yang di sediakan oleh pihak pengelola gumuk pasir seperti lahan parkir, wahana Sandboarding selain itu terdapat pula penginapan yang tidak jauh dari kawasan Gumuk Pasir ini. Karena memang Gumuk Pasir ini terletak di antara beberapa tempat wisata lainnya, sehingga cukup banyak penginapan yang tersebar di kawasan ini.

Alamat Gumuk Pasir Parangkusumo

Jika anda datang dari pusat kota jaraknya cukup jauh untuk menuju lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo ini, membutuhkan kurang lebih 30 Kilometer untuk dapat sampai di lokasi. Waktu yang di butuhkan kurang lebih 1 Jam perjalanan jika tidak menemui macet. Anda berjalan ke arah Selatan menggunakan rute jalan Parangtritis secara terus menerus hingga sampai ke pertigaan yang akan menuju pantai parangtritis serta Gumuk Pasir Parangkusumo

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, tetapi jika tidak membawa kendaraan anda dapat menyewa kendaraan Motor dan Mobil di sekitaran pusat kota.

Harga tiket masuk

Tiket Retribusi = Sudah termasuk dalam Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Parkir Motor Rp. 2.000
Parkir Mobil Rp. 5.000
Sewa Sandboarding Rp. 150.000

Perlu di ingat, harga bisa saja berubah – ubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu

Tips Bermain Mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo

  • Sebaiknya bermain pasir menjelang sore hari saat cuaca sudah mendukung, tidak lupa gunakan sepatu karena pasir masih terasa panas dan hangat karena sinar matahari tertahan oleh pasir.
  • Membawa bekal minum yang lebih banyak, karena walaupun sore hari suasana di gumuk pasir ini terasa panas dan menguras tenaga
  • Jangan membuang sampah sembarangan di kawasan ini, untuk tetap mendukung kelestarian Gumuk pasir ini.

Tertarik mencobanya? Oiya, Gumuk pasir ini hanya terdapat di 2 lokasi di Dunia, salah satunya terletak di Benua Amerika tepatnya di Meksiko. Sayang jika anda tidak mengunjungi tempat langka ini. Semoga bermanfaat.

Add Comment