Wisata Museum Monumen Jogja Kembali (Monjali) di Yogyakarta

monumen jogja kembali.1Museum Monumen Jogja Kembali – Ingin mengetahui perjuangan kota Yogyakarta selama masa penjajahan Belanda? Sebaiknya anda mengunjungi sebuah museum yang letaknya tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta. Nama museum tersebut adalah Museum Monumen Jogja Kembali.

Museum Monumen Jogja Kembali merupakan penghormatan kepada pahlawan – pahlawan yang merebut kembali kemerdekaan Republik Indonesia dari tangan Penjajah Belanda. Tgl 1 Maret 1949 pasukan TNI yang dipimpin oleh Letkol Soeharto atas persetujuan Sri Sultan Hamengkubuwono IX melakukan serangan dadakan ke markas Belanda di Pusat Kota Yogyakarta.

Dalam hitungan 6 jam yang dimulai Pkl. 12.00 hingga 18.00 pasukan TNI berhasil membuat pasukan Belanda mundur. Dan akhirnya Yogyakarta berhasil diduduki kembali dari tangan penjajah. Berita ini kemudian disebar keseluruh Indonesia dan juga Dunia hingga Dewan PBB. Hal ini merupakan keberhasilan Indonesia yang berhasil mempertahankan Kemerdekaan yang sudah di proklamirkan Soekarno – Hatta. Kemenangan ini akhirnya membuat Dewan PBB memaksa untuk mengadakan perundingan 3 Negara. Dan akhirnya dari perundingan tersebut, 27 desember 1949 Belanda menyerahkan  sepenuhnya kedaulatan kepada Republik Indonesia.

MUSEUM ULLEN SENTALU AGAR KITA MENGENAL TRADISI JAWA

Apa Yang Menarik di Museum Monumen Jogja Kembali

monumen jogja kembali.2Sekilas jika anda mengunjungi Museum ini terlihat seperti piramid yang ada di Mesir namun tidak berwarna kuning melainkan bentuk dari bangunan Museum Monumen Jogja kembali ini berbentuk kerucut dan memiliki 4 lantai secara keseluruhan didalamnya terdapat benda-benda bersejarah dan klasik diantaranya adalah mesin ketik jaman dahulu, telephone, buku – buku ensiklopedia, Senjata, replika dan masih banyak lagi.

Museum Monumen Jogja Kembali ini diresmikan oleh presiden RI ke dua kala itu Bapak Alm. Soeharto pada 6 Juli 1989, dan membutuhkan waktu selama 4 tahun untuk membangun museum ini. Pembangunan museum Monumen Jogja Kembali ini bertepatan dengan upacara adat peletakan kepala kerbau kala itu oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Paduka Paku Alam VIII.

Museum ini sering di kenal oleh masyarakat sekitar dengan sebutan Monjali yaitu singkatan dari Monumen Jogja Kembali, luas lahan dari museum ini sendiri cukup luas, diperkirakan luasnya mencapai 5 Hektar. Sebagai gambaran didalam museum ini terdapat Tulisan dinding yang mengukir 422 nama – nama para pahlawan yang gugur dalam medan perang Clash Kedua terhitung pada tanggal 19 Desember 1948 Hingga 29 Juni 1949, selain tulisan dinding terdapat juga replika sebuah pesawat Cuneng pemberian dari TNI Angkatan Udara, kolam yang mengelilingi pusat museum ini, Ruangan serba guna, ruang pengelola dan ruang pemandu.

TAMAN PINTAR : WAHANA BERMAIN DAN JUGA MENIMBA ILMU PENGETAHUAN

Pada lantai dasar terdapat beberapa benda bukti sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah dan juga beberapa benda klasik yang cukup unik seperti telpon jaman dulu, mesin ketik, beragam senjata dan masih banyak lagi.

Lantai kedua, terdapat beberapa diorama atau patung sebuah patung lengkap dengan background dan pakaianya menggambarkan perjuangan ketika pada zaman penjajahan Belanda yang mengkhianati perjanjian Reville dan membuat pemerintah marah dan terjadi pertumpahan darah, selain itu di lantai dua ini terdapat lukisan dinding yang menggambarkan perjuangan bangsa Indonesia pada waktu itu dengan 2 Dimensi.

Lantai ke tiga, pada ruangan ini dikhususkan ruangan untuk mendoakan para pahlawan yang telah berjuang dan gugur, tempat ini dinamakan sebagai tempat Garbha Graha, pada bagian tengah ruangan ini terdapat bendera merah putih berkibar yang melambangkan kemerdekaan Indonesia yang di belakangnya terdapat lukisan tulisan Mantan Presiden ke 2 RI yaitu Alm. Pak Suharto.

monumen jogja kembali.4

Akses Untuk menuju Museum Monjali

Jika anda akan mengunjungi Monumen Jogja Kembali terlebih dari luar kota, ambil titik awal dari pusat kota Yogyakarta. Untuk dapat menentukan arah, tanyakan menuju jalan Ring Road ke arah utara jika dari Malioboro, jaraknya kira-kira 8 Km yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit, sebaiknya gunakan kendaraan pribadi atau anda dapat menyewa kendaraan dengan syarat yang cukup mudah dan tidak ribet.

Jika anda berada di Tugu Jogja, anda bisa menuju ke arah Utara. Lurus terus saja, hingga Lampu Merah ke-3 anda akan menemui perempatan Ringroad Monjali. Anda bisa memarkir mobil setelah perempatan persis di sebelah kiri jalan.

Alamat Lengkap : Dusun Jongkang, Sariharjo, Kec. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka Museum Monjali

Selasa-Jumat buka pukul 08.00 s/d 16.00

Sabtu-Minggu Buka pukul 08.00 s/d 16.30

Hari Senin Libur

Harga Tiket Masuk

Harga tiket untuk semua kalangan baik anak – anak maupun dewasa = Rp. 7,500/orang

Untuk membawa kamera DSLR sendiri dikenakan biaya Rp. 1,000

Museum Monumen Jogja Kembali atau Monjali sangat penting untuk generasi kita selanjutnya, bahwa perjuangan untuk merebut kemerdekaan sangatlah tidak mudah. Butuh perjuangan dan juga pengorbanan. Hal ini dapat anda jadikan obyek wisata sejarah untuk anak – anak anda. Bermain sekaligus mengenal sejarah Bangsa Indonesia.

2 thoughts on “Wisata Museum Monumen Jogja Kembali (Monjali) di Yogyakarta

Add Comment