Wisata Museum Batik Yogyakarta, Museum batik pertama di Indonesia!

museum batik jogjaMuseum Batik Yogyakarta – Penggemar fashion khususnya batik, saat anda melawat ke Kota Pelajar jangan lupa untuk menyempatkan waktu untuk mengunjungi Museum Batik Yogyakarta. Salah satu museum yang terdapat di Yogyakarta ini sangat layak di kunjungi, selain anda akan mendapatkan pengetahuan tentang Batik, anda pun berkenan untuk mengikuti pelatihan dengan harga yang cukup murah.

Lokasi Museum Batik terletak di pusat kota hanya berjarak 2.2 Km dari pusat Kota Jalan Malioboro, tepatnya di jalan Jl. Dr Sutomo 13 A RT 049 RW 12 Bausasran Danurejan Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta.

Museum ini awalnya adalah museum seseorang yang ingin melestarikan budaya Batik yang khawatir akan perubahan batik dan mulai menenggelamkan corak Batik originalnya, terutama hasil instan batik melalui printing pada industri teksil yang dinilai akan meninggalkan kaidah dan seni membatik.

Orang itu ialah Hadi Nugroho & Istrinya Dewi Sukaningsih, beserta keluarga dan sahabat pada tahun 1960an. Pada masa itu museum ini belum ada campur tangan dari pemerintah DIY, namun pada tahun 1979 tempat ini di resmikan dan di akuisisi oleh Pemerintah Yogyakarta, dan akte Museum Batik ini tercatat nomor 22 yang di terbitkan pada tahun 1977 yang kemudian di perbaharui pada tahun 2014.

Museum ini mendapatkan sertifikat dari UNESCO yang di tetapkan sebagai warisan kultural dunia pada tahun 2001, kemudian dengan berdirinya Museum Batik Yogyakarta ini mengangkat derajat Kota Yogyakarta dengan di berikan nya nama Kota Batik oleh WCC pada tahun 2014 silam.

WISATA MUSEUM MERAPI, BELAJAR TENTANG GUNUNG BERAPI DI INDONESIA

Apa yang menarik dari Museum Batik Yogyakarta?

museum batik jogja.1Museum ini memiliki tujuan yang jelas serta visi dan misi yang terus tertanam sejak berdirinya bangunan museum ini.

Tujuan di bangunnya museum Batik Yogyakarta ini untuk membangun kerja sama dan relasi baik dari lapisan masyarakat sekitar maupun perusahaan – perusahaan yang memiliki itikad baik untuk terus melestarikan dan memajukan budaya Batik, sehingga tidak heran jika museum batik ini dibuka untuk umum.

Visi dan Misi museum ini adalah untuk terus melestarikan budaya serta kaidah dalam membatik yang tentunya tidak meninggalkan point – point dalam membatik walaupun telah menggunakan teknologi yang lebih canggih.

Hal ini di tujukan agar walaupun menggunakan teknologi canggih hasilnya pun tidak seperti pakaian maupun kain yang menggunakan mesin penggunaannya. Selain itu, museum ini juga memberikan pengetahuan lebih tentang Batik dan memberikan edukasi mengenai corak dan motif Batik yang beredar di Indonesia.

Didalam Museum ini terdapat galeri koleksi batik dengan berbagai motif dan corak dari berbagai daerah, seperti ragam batik yang berasal dari Jawa Tengah yang di dominasi Batik asal Solo dan Yogyakarta, ragam pasisiran yang di dominasi oleh Batik asal Demak dan Semarang, pekalongan, Cirebon, Kedungwuni dan Lasem, Ragam Imogiri, Ragam Madura, Ragam Kulonprogo dan ragam Kebumen dan masih banyak lagi Batik dari beberapa daerah lainnya.

MONUMEN JOGJA KEMBALI, PERJUANGAN PAHLAWAN MEREBUT KEMERDEKAAN DI JOGJA

Selain galeri Batik maupun ragam dan corak, museum ini menyediakan pelatihan untuk belajar membatik, sekalipun anda pemula, anda akan di ajarkan menurut kaidah pe Batik professional. Mulai dari cara memegang batik, kemudian membuat pola, menentukan motif hingga cara mewarnai menggunakan canting. Seru dan menyenangkan bukan?

museum batik jogja.5

Harga Tiket Masuk

Semua kalangan umum : Rp. 20.000

Pelatihan Membatik : Rp. 40.000/Jam

Jam Buka

Mulai pukul 08.00 s/d pukul 15.00WIB

Buka hari Senin – Sabtu, hari minggu tutup

Tempat yang menarik bukan untuk di kunjungi? di Museum Batik Yogyakarta selain menambah pengetahuan tentang batik anda pun dapat mencoba untuk belajar pelatihan membatik. Semoga bermanfaat

Add Comment