Museum Gunung Merapi Jogja, Rekreasi dan Edukasi Tentang Gunung Api

museum gunung merapiMuseum Gunung Merapi Jogja – Terdapat banyak sekali museum yang ada di Yogyakarta, salah satu nya Museum Gunung Merapi Yogyakarta yang terletak di daerah selatan gunung merapi, tepatnya di daerah Pakem, Sleman, Yogyakarta.

Museum ini di buat dengan tujuan untuk pengembangan pemahaman umum tentang Gunung merapi dan juga edukasi serta konservasi yang diperuntukan bagi pengunjung, tidak hanya mengenai gunung merapi tetapi beberapa pemahaman bencana seperti gempa bumi, tsunami dll.

Museum ini didirikan pada tahun 2005 yang kala itu peletakan batu pertama langsung oleh Menteri ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) Bapak Purnomo Yusgiantoro. Dana dari pembangunan museum ini terdapat dari penggalangan dana Pemerintah RI ESDM, Pemerintahan Pariwisata Yogyakarta, dan pemerintah Sleman.

Empat tahun kemudian museum ini remi di operasikan tepatnya pada tanggal 1 Oktober 2009 dan di resmikan oleh Kepala Badan Energi Menteri Sumber Daya Mineral Bapak Sukhyar, yang mewakili Menteri Energi Sumber Daya Mineral yang berhalangan. Peresmian ini pun di hadiri oleh Wakil Pemprov DIY dan wakil bupati Sleman.

WISATA MUSEUM SONOBUDOYO JOGJA, TERLENGKAP DAN BANYAK KOLEKSI

Apa yang menarik dari Museum Gunung Merapi?

Isi didalam museum ini terdapat berbagai macam koleksi barang – barang yang berhubungan dengan gunung merapi, selain itu museum ini juga di desain sebagai tempat rekreasi yang terbuka untuk umum. Sangat bermanfaat sekali tentunya, melakukan rekreasi yang di hadiahi pemahaman edukasi dan pengembangan pengetahuan tentang gunung merapi.

museum gunung merapi.3

Beberapa koleksi yang terdapat di tempat ini, diantaranya adalah : Film Show yang menceritakan letusan gunung merapi, batuan vulkanik, peta lengkap serta jenis tekstur gunung merapi. Ada juga peta Indonesia yang di lengkapi dengan tombol dengan varian warna, yang mana jika salah satu tombol ditekan maka akan memunculkan informasi dari tombol yang ditekan tersebut.

Museum Gunung Merapi juga memiliki koleksi piranti untuk memantau aktivitas gunung merapi seperti: teleskop, piranti seismograf, alat pencatat aktivitas gunung merapi, alat – alat pengolah data hingga piranti jaman dahulu yang di gunakan petugas peneliti aktivitas gunung merapi, informasi kawasan atau daerah yang rawan terkena bencana dan juga sembaran yang detail mengenai endapan lava gunung merapi yang dilengkapi dengan material endapan serta hasil muntahan lava, dan di museum ini terdapat koleksi benda dari korban bungker Kaliadem pada tahun 2006 yaitu berupa sepeda motor yang terkena semburan “wedus gembel” kala itu.

Semua benda tersebut tersusun rapi di Museum Gunung Merapi yang memiliki lahan kurang lebih 4.470 meter persegi. Yang di bagi didalam bangunan 2 lantai, jika dilihat dari jarak jauh bangunan ini seperti tidak beraturan. Namun menurut warga sekitar bangunan tersebut memang di desain yang mengambil beberapa unsur khas Yogyakarta, yaitu Candi Borobudur, Candi prambanan, Istana Ratu Boko dan atapnya terlihat seperti menyerupai Wedus Gembel.

BUKIT PUNTHUK SETUMBU, SPOT ASYIK MENIKMATI SUNRISE BOROBUDUR

museum gunung merapi.2

Fasilitas Museum Gunung Merapi

Seperti tempat wisata pada umumnya, fasilitas yang di sajikan seperti WC Umum, Rest Area, Lahan parkir, dan tempat pelataran yang cukup luas, sehingga anda dapat memanfaatkannya sebagai tempat untuk melakukan kegiatan hunting foto.

Sayangnya belum terdapat tempat makan seperti restoran atau kafetaria di sekitaran Museum Gunung Merapi, tetapi tenang saja. Tidak jauh dari tempat museum terdapat warung makan khas Yogyakarta yang di kelola oleh masyarakat sekitar, jika anda seorang wisatawan domestik luar kota. Anda dapat menginap di beberapa hotel yang dekat dengan Museum Gunung Merapi.

Akses Menuju Lokasi Museum

Patokan jalan menuju Lokasi Museum agar lebih mudah, jika anda datang dari stasiun Tugu sebaiknya anda menggunakan alat transportasi umum atau agar lebih praktis anda dapat menyewa kendaraan seperti motor atau mobil yang tersedia di dekat Stasiun Tugu, kemudian mulai dari Pusat Kota Malioboro menuju utara ke daerah Jalan Kaliurang, dengan jarak tempuh 26 Km dengan waktu tempuh kurang lebih 60 menit menuju kaliurang, jika setelah sampai di Jalan Kaliurang berarti anda sudah dekat dan dapat menanyakan tempat kepada masyarakat sekitar tepatnya agar tidak salah menuju Museum.

Alamat Lengkap : Jl. Boyong, Dusun Banteng, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman Pakem, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Museum Gunung Merapi 2017

Semua umur : Rp. 3.000

Tiket Theater: Rp. 5.000

Tiket masuk + Theater : Rp. 8.000

Parkir Motor : Rp. 2.000

Parkir Mobil : Rp. 3.000

Add Comment