Menikmati Pertunjukan Wayang Kulit di Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Museum Sonobudoyo.3Museum Sonobudoyo Jogja – Museum Sonobudoyo adalah museum yang terletak di pusat Kota Yogyakarta, museum ini merupakan museum sejarah dan kebudayaan adat Jawa. Terlihat dari segi bangun arsitektur Klasik budaya Jawa yaitu rumah Joglo. Museum ini cukup dekat dengan pusat kota Yogyakarta yaitu di sebelah alun – alun utara Kota Yogyakarta. Hanya berjarak beberapa ratus meter dari alun – alun Yogyakarta dan berjarak 1 Km dari Jalan Malioboro.

Museum Sonobudoyo ini di klaim sebagai museum paling lengkap di kota Yogyakarta, dengan macam – macam koleksi bersejarah seperti berbagai macam keris, macam – macam karya seni yang terbuat dari bambu, macam – macam jenis batik, berbagai macam patung yang terbuat dari emas, perak, perunggu dan masih banyak lagi. Total koleksi yang terdapat dalam Museum Sonobudoyo ini di perkirakan mencapai 42.700 buah benda bersejarah maupun karya seni.

Dengan banyaknya koleksi yang terdapat di museum ini, pihak pengelola membagi menjadi beberapa jenis koleksi, semua jenis tersebut di golongkan menjadi 10 jenis :

  1. Jenis Geologika
  2. Jenis Biologika
  3. Jenis Ethnografika
  4. Jenis Arkeologi
  5. Jenis Heraldika/Numismatika
  6. Jenis Historika
  7. Jenis Filologika
  8. Jenis Keramologika
  9. Jenis Senirupa
  10. Jenis Teknologika

Koleksi tersebut di pamerkan di dalam maupun luar gedung Museum Sonobudoyo, biasanya koleksi benda yang tersimpan di luar gedung Museum merupakan benda dengan bahan material yang relatif tahan terhadap cuaca, seperti: candi, patung, arca maupun hiasan candi. Dan benda – benda tersebut didapatkan dari zaman kerajaan Buddha dan Hindiu yang ada di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

5 TEMPAT WISATA ALAM DI JOGJA YANG WAJIB ANDA KUNJUNGI

Museum Sonobudoyo.2

Sedangkan koleksi yang di pamerkan didalam ruangan umumnya benda yang terbuat dari bahan yang rentan terhadap cuaca, polusi, debu dan kotoran. Sehingga koleksi yang di pamerkan didalam ruangan di dominasi oleh koleksi yang menggunakan vitrin (sejenis etalase yang menggunakan spotlight menarik). Guna menghindari terjadinya koleksi barang dalam museum rusak karena terjatuh atau terkena kotoran yang menempel.

Beberapa benda koleksi Museum Sonobudoyo yang menggunakan vitrin diantarnya adalah :

  1. Macam – macam karya yang terbuat dari bambu seperti topeng dari Bali dan Jawa, Koleksi Wayang golek, beragam perahu, tidak ketinggalan tandu peninggalan zaman kerajaan dan masuknya islam ke Indonesia, seperti Tandu Kiayi Wegono Putro, Tandu Kiayi Purbonegoro dan Tandu Kiyai Kudus.
  2. Berbagai jenis dari Batik khas Jawa, dan tak lupa seluruh alat tradisional untuk membatik seperti Canting, Kompor kecil dan kain.
  3. Patung yang terbuat dari bahan emas, perak, dan perunggu seperti patung Genta dari Kalasan, patung kuwera dan masih banyak lagi.
  4. Beragam alat musik klasik yang merupakan peninggalan bersejarah seperti seperangkat Gamelan Jawa dan Gamelan Cirebon.
  5. Terdapat keris yang jumlahnya hingga 1200 keris, diantaranya merupakan sumbangan dari Java Institut dan Wesi buddha yang merupakan bahan untuk membuat keris yang digunakan sekitar 699 Masehi

 

MUSEUM MONUMEN JOGJA KEMBALI, SEJARAH PERJUANGAN MEREBUT INDONESIA

Selain tempat pameran baik di dalam maupun diluar ruangan, Museum Sonobudoyo ini dilengkapi dengan beberapa ruangan seperti ruang auditorium, ruang laboratorium, ruang kantor, ruang perpustakaan dengan berbagai judul yang jumlahnya sangat banyak, buku – buku tersebut merupakan buku – buku bersejarah yang di ketahui buku saat perang dunia ke 2 berlangsung. Tentunya dengan berbagai bahasa, selain itu terdapat manuskrip (tulisan tangan dengan berbagai bahasa dan huruf) Jawa dan Arab.

Menikmati Pertunjukan Wayang Kulit di Museum Sonobudoyo

Wayang Kulit Museum Sonobudoyo.3

Museum Sonobudoyo Jogja juga secara rutin mengadakan pertunjukan wayang kulit khas Jogja yang diperuntukan wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Wayang kulit merupakan sebuah kegiatan bercerita mengenai berbagai macam hal melalui media wayang yang terbuat dari kulit. Mungkin kalau jaman sekarang cerita lebih banyak melalui Televisi atau yang kita kenal Sinetron ( Sinema Elektronik )

Pertunjukan Wayang kulit pada umumnya di laksanakan semalam suntuk atau 1 hari penuh, mulai dari Pagi hingga menjelang pagi dengan berbagai macam tema cerita. Namun untuk kebutuhan wisatawan, pertunjukan wayang kulit di Museum Sonobudoyo Jogja ini hanya menampilkan  Pagelaran Wayang Kulit selama 2 jam saja. Jadi anda dapat menikmati cerita – cerita dari sang Dalang dalam waktu singkat.

Pertunjukan Wayang Kulit dapat anda nikmati Setiap Hari Senin – Sabtu kecuali Hari Libur ( Libur Nasional dan Hari Minggu ). Pertunjukan dimulai Pkl. 20.00 hingga Pkl. 22.00. Jika anda ingin menikmati cerita dari awal, sebaiknya anda datang 15 menit sebelum pertunjukan. Namun jika anda hanya ingin mengetahui pertunjukan wayang kulit, tanpa harus mendengarkan ceritanya, anda dapat berkunjung kapan saja selama pertunjukan masih berjalan.

RUMAH MAKAN HOUSE OF RAMINTEN, SELAIN MURAH TERNYATA JUGA UNIK

Harga Tiket Masuk Museum Sonobudoyo Jogja

  • Pengunjung Dewasa Domestik = Rp. 3.000/Orang
  • Pengunjung Anak – anak Domestik = Rp.  2.500/orang
  • Wisatawan Asing = Rp. 5.000
  • Pagelaran Wayang Kulit = Rp. 20.000/orang

Jam Buka Museum Sonobudoyo

Buka hari Selasa sampai Minggu
Senin libur

  • Hari besar atau hari Nasional
  • Buka di mulai pukul 08.00 s/d 15.30 WIB Untuk hari selasa – kamis
  • Buka di mulai pukul 08.00 s/d 14.00 WIB untuk hari jumat – minggu
  • Pagelaran mulai hari Senin s/d Sabtu yang dimulai pukul 20.00 – 22.00 WIB

Alamat Lengkap Museum
Jl. Pangurakan No.6, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Indonesia ( Sebelah Utara dari Alun- Alun Keraton )

Add Comment