Pantai Krakal Wahana Mencari Ikan Laut Yang Seru

Pantai Krakal.1Pantai Krakal – Daerah Pantai di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta memang tidak henti – hentinya memberikan pesona alam pantai yang cukup beragam, salah satunya obyek wisata Pantai Krakal. Pantai krakal telah di kelola sejak dulu dan cukup hits di kalangan wisatawan baik dari masyarakat wonosari sendiri maupun wisatawan domestik, bahkan wisatawan mancanegara pun kini banyak yang mengunjungi pantai Krakal ini.

Pantai Krakal Gunungkidul Yogyakarta menawarkan Keindahan alam yang luar biasa. Relief dari pantai ini juga di tandai dengan bentuk yang landai serta di taburi pasir putih bak pantai pada umumnya. Sehingga sangat aman untuk bermain air di pantai krakal. Untuk itu, pantai krakal merupakan salah satu wisata pantai yang tidak boleh anda lewatkan saat berkunjung ke Yogyakarta.

Pantai Krakal terletak di Desa Ngestiharjo, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Letaknya tidak jauh dari pantai yang terdapat di Gunungkidul seperti pantai Sadranan, Pantai Sundak, Pantai Indrayanti, Pantai Wedi Ombo, Pantai Nglambor dan pantai lainnya yang terdapat di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta.

Apa yang menarik dari Pantai Krakal?

Tahukah anda jika pantai Krakal menyimpan puluhan bahkan ratusan jenis biota laut yang terdapat di pantai Krakal, diantaranya yang paling disenangi oleh pengunjung adalah ikan kupu – kupu (Butterflyfish), Ikan damselfish dengan ciri khas berwarna kuning dengan motif aksen berwarna biru muda di punggung ikan damselfish. Bermacam – macam bintang laut, batuan karang serta terumbu karang yang sampai saat ini indah untuk di selami. Hal inilah yang menjadi salah satu kelebihan Pantai Krakal dibandingkan dengan pantai – pantai lain di Gunungkidul.

Pantai Krakal.2

Pantai Krakal ini juga di kenal memiliki pesona pantai yang tidak kalah menarik dari pantai – pantai lainnya, sejauh mata memandang anda akan melihat laut lepas berwarna biru dan pemandangan batuan karang raksasa serta teluk yang menjorok ke laut. Tentu saja menarik bukan? Anda dapat bermain air di pinggir pantai atau pun bermain pasir putih bersama keluarga, perlu di ketahui jika anda belum terbiasa berenang jangan coba – coba berenang ke tengah laut, karena ombak di Pantai Krakal di kenal cukup besar dan berbahaya.

Pengelola pantai juga menyediakan fasilitas untuk berselancar air (surfing) bagi mereka yang telah ahli untuk urusan olahraga berselancar, maka tidak jarang jika anda banyak melihat orang menggunakan papan selancar untuk menikmati berselancar di pantai. Selain itu, pada bulan – bulan tertentu ombak di pantai krakal ini akan menggulung (Barrel) tepatnya pada bulan Maret dan September maka tidak jarang pada bulan tersebut di penuhi oleh para peselancar air professional yang menikmati ombak di pantai ini.

Sering kali masyarakat sekitar menyempatkan diri untuk mencari Umbal, sejenis hewan laut yang menempel pada batuan karang di laut. Yang kemudian umbal tersebut di gunakan sebagai panganan nikmat khas Gunung Kidul yaitu rempeyek. Sebaiknya anda berhati – hati dalam menyelam dengan menggunakan kaki telanjang, dikhawatirkan kaki anda terkena terumbu karang yang tajam sehingga mengakibatkan luka.

Akses Jalan Menuju Pantai Krakal

Terdapat 2 akses jalan yang dapat anda tempuh menuju pantai Krakal dari Pusat Kota Yogyakarta, berikut jalan yang dapat anda tempuh:

  1. Dimulai dari pusat Kota Yogyakarta, Jalan Malioboro ke arah timur menggunakan jalan Nasional III untuk terlebih dahulu menuju Kabupaten Wonosari, setelah sampai Wonosari anda kembali ke arah selatan menuju Pantai Krakal menggunakan jalan Baron. Kurang lebih jarak tempuh dari pusat kota menuju Pantai krakal menggunakan rute Wonosari adalah 63 Km dengan waktu tempuh 1 Jam 50 Menit jika tidak mengalami macet.
  2. Dimulai dari Pusat Kota Yogyakarta, ke arah selatan menggunakan jalan Imogiri yang kemudian di teruskan hingga jalan Siluk Panggang, masih tetap menggunakan jalan yang sama sampai menuju Jalan Pantai Sel. Jawa dengan terus lurus sampai menemukan gerbang Pantai Krakal. Kurang lebih jarak tempuh dari pusat kota menju pantai 68 Km, dengan jarak tempuh sekitar 2 Jam 15 Menit jika tidak mengalami macet.

Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi alih – alih jika terjadi ngetem menunggu penumpang lain masuk, dan juga menyita banyak waktu liburan anda. Tetapi jangan khawatir jika tidak membawa kendaraan pribadi, terdapat penyewaan jasa sewa kendaraan motor dan juga jasa sewa mobil yang letaknya tidak jauh dari pusat kota.

Harga Tiket masuk Pantai Krakal Gunungkidul Yogyakarta sebesar Rp. 4.000 / org. Jika memasuki musim liburan maka harga tiket masuk pantai  Rp. 5000 / orang.

Fasilitas Umum di Pantai Krakal Gunungkidul

Beberapa fasilitas umum yang di tawarkan Pantai ini cukup lengkap mulai dari :

Penginapan

Terdapat beberapa penginapan di pantai krakal yang anda tempati dan berada dekat di bibir pantai. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp. 50.000 hingga Rp. 500.000 permalamnya. Jenis penginapannya pun bermacam – macam, mulai dari sew kamar saja atau ada juga yang sewa per rumah ( homestay ).

Rumah makan/Restoran

Terdapat juga rumah makanan yang menyediakan panganan khas ala Jogja maupun seafood. Selain menu tersebut ada menu khas dari daerah itu sendiri yaitu rempeyek yang terbuat dari umbal.

Toilet

Toilet yang di sediakan oleh pengelola Pantai Krakal kami kira cukup nyaman di gunakan, karena toilet tersebut di rawat dengan baik dan sering dibersihkan setiap harinya.

Mushola

Untuk anda yang beragama Muslim tersedia juga tempat beribadah yang di sediakan pengelola pantai

Bagaimana anda tertarik mencobanya? Jangan lupa untuk anda yang senang dengan olahraga surfing jangna lewatkan pada bulan Maret dan September untuk mendapatkan Ombak Barrel di pantai Krakal ini. Semoga bermanfaat

Add Comment