10 Hal Menarik Yang Dapat Kamu Lakukan di Pantai Parangtritis Yogyakarta


pantai-parangtritis-jogja
Pantai Parangtritis Yogyakarta – 
Siapa yang tidak kenal dengan pantai parangtritis yogyakarta? Pantai yang terkenal dengan legenda Nyi Roro Kidul ataupun dengan cerita – cerita hikayat kuno masyarakat Jawa.

Yahh.. memang Pantai Parangtritis merupakan icon atau legendanya pantai di Kota Jogja. Bahkan pantai parangtritis juga menjadi bagian dari Keraton Ngayogyakarta, dan merupakan garis imajiner ( garis lurus ) yang menghubungkan antar Gunung Merapi, Keraton Yogyakarta hingga Pantai Parangtritis.

Parangtritis diambil dari bahasa jawa yang berarti Parang (batu karang) dan Tritis atau Tumaritis (Air Tetesan) yang artinya Tetesan Air Batu Karang.

Menurut legenda masyarakat sekitar pada zaman dahulu, pantai ini digunakan sebagai pelarian seseorang yang bernama Dipokusumo. Pantai tersebut digunakan sebagai tempat bersemedi

Saat semedi dilakukan, Dipokusumo melihat tetesan air (Tumaritis atau Tritis) di celah-celah batu karang (Parang) dan Dipokusumo memberikan nama tempat tersebut sebagai Parangtritis yang artinya Tetesan Air di Batu Karang.

Saat kamu melakukan wisata ke Yogyakarta bersama keluarga, pantai parangtritis bisa menjadi tujuan utama untuk menghabiskan waktu liburmu dengan nyaman.

Tempat wisata pantai yang cukup terkenal di Yogyakarta ini menyajikan berbagai macam kegiatan ataupun pemandangan yang tak kalah menarik dari pantai-pantai lain yang saat ini sedang ngehits di sosial media, seperti Pantai Indrayanti, Pantai Sadranan, atau Pantai Krakal di Gunungkidul.

Pada umumnya, di pantai parangtritis ini kamu tidak akan di perkenan untuk berenang terlalu jauh, atau hanya dapat berenang dipinggiran saja. Hal ini disebabkan karena ombak nya sangat besar.

Jika pada musim kemarau ombak pantai ini dipercaya dapat mencapai ketinggian hingga 2-4 Meter, sehingga cukup membahayakan untuk digunakan sebagai area berenang.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena Pantai Parangtritis memiliki 10 Keunggulan lainnya dibandingkan dengan Pantai – Pantai yang ada di wilayah Yogyakarta.

Untuk itu, kamu wajib mengetahui, hal – hal apa saja yang bisa kamu lakukan di Pantai Parangtritis Yogyakarta ini untuk mengisi waktu liburmu bersama keluarga.

10 Hal Menarik Yang Dapat Kamu Lakukan di Pantai Parangtritis Yogyakarta

Jika kamu ingin merencanakan liburan ke Pantai Parangtritis,  hal – hal berikut ini yang dapat kamu lakukan di Pantai Parangtritis untuk mengisi waktu liburanmu, agar lebih terasa menyenangkan.

Bermain Pasir Pantai Parangtritis

 

bermain pasir pantai parangtritis

Anak kecil pada umumnya sangat menyukai pasir, untuk itu bermain pasir di pantai Parangtritis adalah hal yang sangat cocok untuk membahagiakan anak – anak kamu disini.

Pasir di Pantai Parangtritis memang tak seindah dengan pasir putih di deretan Pantai Gunungkidul. Namun, Parangtritis memiliki bibir pantai yang sangat luas, sehingga kamu bisa bergerak leluasa untuk bermain pasir pantai yang berwarna hitam dan halus ini.

Kamu bisa membuat benteng dari pasir, atau sekedar membuat candi – candi, atau hanya menumpuk – numpuk pasir dari sebuah gelas minuman bekas.

 

Naik Delman atau Kuda di Sepanjang Pantai

Naik Kuda Delman Pantai Parangtritis Yogyakarta

Untuk kegiatan yang satu ini, hanya dapat kamu lakukan di Pantai Parangtritis saja. Tidak ada di Pantai lainnya di Jogja.

Yupp.. kamu bisa menikmati sepanjang pantai parangtritis dengan menaiki delman yang ditarik oleh kuda. Dengan biaya Rp 20.000 untuk bolak balik sepanjang pantai, kamu sudah cukup puas menikmati pantai.

Selain naik delman, kamu juga bisa menyewa kudanya saja untuk berjalan – jalan ke ujung tebing. Tidak perlu khawatir, karena pemandu kuda akan selalu menemani kamu selama perjalanan.

Untuk mendapatkan sensasi naik berkuda atau delman, kamu bisa menjumpainya di hampir sepanjang pantai parangtritis. Karena memang banyak sekali jasa naik kuda ini di Pantai Parangtritis.

 

Bermain di Kolam Air Hangat

kolam air hangat pantai parangtritis yogyakarta

Kamu tidak perlu khawatir jika tidak dapat merasakan derasnya ombak pantai, pengelola pantai parangtritis telah menyediakan pemandian khusus untuk kebutuhan berenang pengunjung yang nyaman serta aman. Bahkan kolam ini memiliki air yang hangat.

Namun pada umumnya pemandian ini diperuntukan untuk anak – anak saja, jika orang dewasa hanya untuk mengawasi atau menemi saja.

Kolam renang air hangat ada di Pantai Parangtritis. Ini bukan sekedar kolam renang anak biasa, keunggulannya di kolam renang air hangat ini adalah

 

Menikmati Keindahan Pantai Parangtritis dari Atas Bukit

Bukit Parangendog Pantai Parangtritis Yogyakarta

Indahnya Pantai Parangtritis akan sangat terlihat jelas, ketika kamu menanjak kearah bukit di sekitar Parangtritis..

Kamu bisa menikmati keindahan alam pantai parangtritis hingga pantai depok, melalui Bukit Parangendog. Bukit ini biasanya digunakan sebagai landasan pacu untuk olahraga paralayang.

Tidak banyak yang tahu mengenai lokasi ini. Hanya para penggemar adventure saja yang mengetahuinya, terutama para penggemar terjun payung atau paralayang.

Namun bagi kamu yang takut akan ketinggian, sebaiknya jangan dilakukan. Atau bisa juga kamu tetap ikut naik keatas, tapi hanya melihat dari kejauhan saja, tidak perlu ke tepi tebing.

 

Bermain Paralayang Tandem ( Berdua ) di Parangtritis

paralayang di pantai parangtritis yogyakarta copy

Naahhh.. kalau kegiatan ini hanya diperuntukan bagi kamu penggemar olahraga pemacu adrenalin saja.

Paralayang atau Paragliding di Parangtritis sudah dapat dilakukan leh wisatawan. Bagi kamu yang tertarik, kamu bisa melakukan secara tandem (berdua) dengan ahlinya.

Tapi, untuk menikmati wisata tandem paralayang ini tidak bisa sewaktu – waktu kamu lakukan. Hal ini sangat tergantung dari cuaca di sekitar Pantai Prangtritis. Sehingga masalah keamanan sangat dperlukan.

Biasanya waktu yang bagus menikmati wisata paralayang di sini adalah pada bulan Desember hingga bulan Maret. Dan kamu bisa membayar Rp 200.000 – Rp 300.000 untuk sekali terbang bersama pilot yang sudah sangat berpengalaman.

So.. tunggu apalagi??? Cari waktu yang tepat untuk berlibur kesini. Nikmati keseruan yang berbeda ini.

 

Membuat Foto Amazing dari Queen of the South Resort Parangtritis

Queen of South Resort Parangtritis Yogyakarta

Queen of South Resort Parangtritis ini  terletak di ujung timur pantai Parangtritis Yogyakarta. Resort ini sebenarnya bisa juga digunakan untuk umum,  jadi kamu bisa berfoto – foto ria selayaknya kita menginap di Resort yang mewah ini.

Untuk memasuki wilayah resort ini, kamu diwajibkan untuk membayar Rp 70.000 / org, dengan fasilitas kolam renang yang dapat anda gunakan.  Atau jika kamu hanya ingin berfoto – foto saja, itu tidak akan mengurangi biaya tiket masuknya.

Pemandangan yang akan kamu lihat dari Queen of South Resort ini sungguh sangat menakjubkan. Keindahan sepanjang jalur Pantai Parangtritis sangat jelas  terlihat. Dipadu dengan desain kolam renang yang sangat modern, nampak terlihat seperti di resort – resort luar negeri.

Jika kamu sangat menggemari foto selfie dengan spot – spot cantik, kini saatnya kamu menunjukkan hasil karyamu disini dan share ke Sosial Media.

 

Bermain ATV

Bermain ATV di Pantai Parangtritis Yogyakarta (2)

Di Pantai Parangtritis Yogyakarta juga banyak menyediakan jasa persewaan ATV ( All Terrain Vehicle ) atau bahasa Indonesianya adalah Motor dengan 4 roda.  Kendaraan ini sangat cocok digunakan pada medan yang berpasir.

Kamu bisa bermain ATV sepuas – puasnya di sepanjang bibir pantai parangtritis. Tentunya, kegiatan ini sangat menyenangkan jika dilakukan bersama dengan rekan – rekan kamu.

Untuk bisa menggunakan sewa ATV ini, kamu wajib membayar Rp 50.000 per 15 menit.

 

Bakar Jagung Sambil Menikmati Deburan Ombak

jagung bakar parangtritis

Jika kamu hanya ingin menikmati deburan ombak dan melihat pemandangan pantai parangtritis saja,  kamu cukup duduk di penjual jagung bakar. yang terdapat di sepanjang bibir pantai.

Dengan harga jagung bakar sekitar Rp 15.000 – Rp 20.000, / potong, kamu bisa menikmati keindahan alam di bibir pantai.

Rasakan keindahan alam parangtritis jika menjelang malam. Dan nikmati proses matahari tenggelam dengan sangat jelas.

 

Menikmati Sunset di Pantai Prangtritis Terlihat Sangat Jelas

sunset-di-Pantai-Parangtritis-Yogyakarta

Salah satu keunggulan lainnya di Pantai Parangtritis dibandingkan dengan pantai di Gunungkidul adalah proses menikmati sunset ( matahari tenggelam ).

Di Pantai ini kamu  bisa menikmati proses sunset hingga benar – benar tenggelam. Pemandangan ini tidak akan terhalang oleh tebing atau pepohonan.

Dengan keunggulan ini lah, kamu bisa membuat foto – foto siluet  yang unik dan menarik, atau bisa juga membuat foto – foto dramatis atau romantis lainnya yang sesuai dengan keinginan kamu.

Ayoo..!! Siapkan kamera kamu dan pastikan batu batere terisi penuh. Jangan sampe kehilangan moment sedetik saja..!!

 

Menikmati Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo.4

Fasilitas di Pantai Parangtritis

Sebelum dikenal luasnya pantai parangtritis, pemerintah bantul sudah mengelola pantai inidengan baik, sehingga fasilitas yang di berikan sangat membantu wisatawan dengan fasilitas yang cukup lengkap. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia :

  1. Penginapan

Terdapat banyak hotel diberbagai lokasi parangtritis yang bisa dijadikan sebagai penginapan dengan harga yang cukup bervariasi, muali dari harga 70rb hingga harga 500rb. Ada pula penginapan yang tersedia diatas bukit dengan view pantai yang sangat menakjubkan, hingga penginapan dekat bibir pantai. Penginapan tersebut bisa menjadi tempat rekomendasi untuk berbulan madu bersama pasangan kamu.

  1. Restoran dan Warung Makan

Tersedia jajakan makanan khas Bantul / Yogyakarta yang bisa kamu coba dengan harga yang relatif murah.

  1. Souvenir

Tidak lengkap rasanya saat berwisata jika tidak membeli souvenir yang tersedia di tempat wisata yang kamu kunjungi, termasuk pantai Parangtritis. Terdapat beberapa toko yang menyediakan souvenir khas Jogja dan Bantul untuk dijadikan sebagai oleh-oleh keluarga dirumah.

  1. Lahan Parkir Yang Luas

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi saat melawat ke Pantai Parangtritis kamu tidak perlu khawatir kehabisan lahan parkir. Banyak sekali parkiran di sepanjang pantai parangtritis. Dan kamu bisa parkir mendekati pasir pantai. Harga parkir berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000 untuk sekali parkir.

  1. Wahana

Terdapat berbagai wahana yang menarik dan ekstreme di Pantai Parangtritis, termasuk paralayang yang khusus untuk kamu yang memiliki jiwa pemberani, kamu juga dapat menyewa ATV untuk memutari pantai dengan asyik, Menunggangi kuda dipantai hingga menaiki Dokar (kereta Kuda).  Sewa ATV per 15 Menit : Rp. 50,000, Kereta Kuda ( Dokar ) per 1 kali putaran : Rp. 20,000

  1. Sewa Payung

Jika kamu ingin berteduh dan memandang ombak dari pinggir pantai, kamu dapat menyewa payung yang telah disediakan. Harganya sudah tertera di bawah payung, yaitu Rp 20.000 untuk sekali pakai. Kapasitas payung, dapat kamu gunakan untuk sekitar 5 orang.

Jadi kalau kamu bawa lebih dari 5 orang, maka pesanlah 2 payung untuk mengantipasi overload.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Tiket masuk Pantai: Rp 10,000 / org dewasa
Parkir kendaraan roda 2: Rp. 2,000 – Rp 3.000
Parkir kendaraan roda 4: Rp. 5,000 – Rp 10.000

Catatan: harga dapat berubah kapan saja tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya. Namun tidak akan jauh dari patokan diatas.

Rute Menuju Ke Pantai Parangtritis

Letak tempat wisata pantai Parangtritis tidak terlalu jauh dari pusat kota Jogja (Yogyakarta) hanya berjarak sekitar 25 Km sebelah selatan kota Yogyakarta. Tepatnya di Desa Parangtritis, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul, DIY, Indonesia

Jika kamu berada di Kota Jogja, maka sebaiknya cari dulu Jalan Parangtritis yang terletak dekat dengan Pojok Benteng Keraton atau dekat Jalan Brigjen Katamso. JIka sudah menemukan Jalan Parangtritis, kamu tinggal mengikuti jalan itu hingga TPR Parangtritis.

Add Comment