Pantai Pok Tunggal Gunungkidul Merupakan Surga Yang Tersembunyi

pantai-pok-tunggalPantai Pok Tunggal – Pantai pok tunggal merupakan salah satu destinasi wisata Pantai di Gunungkidul Yogyakarta yang keberadaannya belum banyak di ketahui oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Adrenalin anda akan di uji sebelum menuju pantai Pok Tunggal ini, karena akses jalan ini cukup terjal dan juga curam. Terutama saat 2 kilometer sebelum menuju tempat wisata pantai ini, jalan dengan tikungan yang tajam, batu karang raksasa yang terlihat akan tertimpa batuan karang tersebut, hingga jalanan yang relatif sempit untuk dilalui.

Pantai Pok Tunggal terletak di antara Pantai Indrayanti dan Pantai Seruni, letaknya di masih di sekitaran Gunung Kidul, Yogyakarta. Banyak sekali di daerah Gunung Kidul ini tempat wisata alam pantai, salah satunya adalah pantai Wedi Ombo, pantai Sadranan, Pantai Siung dan pantai lainnya yang tersebar di kawasan Gunung Kidul.

Pok Tunggal memang masih kalah terkenal dengan Pantai Indrayanti, namun secara keindahan Pantai Pok Tunggal memiliki kelebihan dibandingkan dengan pantai indrayanti.

Apa yang menarik dari Pantai Pok Tunggal?

pantai-pok-tunggal-jogjaJika pantai Indrayanti terkenal dengan suasana kebersihan pantai dan pemandangan yang memukau, maka Pantai Pok Tunggal memiliki ciri khas yaitu pohon Duras besar yang cukup unik, karena pohon ini terletak di area tengah pantai dan hanya berdiri tegak tunggal. Pohon ini juga menjadi ikon Pantai Pok Tunggal.

Mitos dari masyarakat sekitar jika pohon Duras ini sulit sekali untuk tumbuh dan berkembang, maka satu – satunya pohon Duras di pantai ini di rawat dan di jaga masyarakat sekitar.

Menurut masyarakat sekitar, pohon tersebut adalah pohon yang memberikan gambaran. Jika pohon sedang subur maka masyarakat sekitar pun ikut subur, jika pohon tersebut sulit berkembang maka masyarakat pun ikut merasakan kesulitan dalam bentuk ekonomi.

Maka tak heran jika pohon Duras tersebut dianggap sebagai keramat, dan terus menjaga nya agar tetap subur. Jangan sekali – kali anda mencoba untuk menaiki pohon ini karena anda akan mendapat teguran keras dari para penjaga pohon ini di sekitaran pantai.

Selain itu, Pantai Pok Tunggal ini pun menyajikan keindahan alam yang tidak bisa di ungkapkan oleh kata – kata, untuk sebuah gambaran pantai ini memiliki luas pantai yang tidak terlalu luas ditaburi oleh pasir putih pantai dan lautan lepas berwarna biru jernih.

Relief dari jarak yang tidak terlalu jauh dari bibir pantai seperti perbukitan yang sedikit menanjak kemudian turun, hal ini memberikan pesona pantai tersendiri dari Pantai Pok Tunggal. Anda juga dapat memesan payung untuk menikmati suasana pantai tanpa kepanasan, yang dapat menampung 2 hingga 3 orang.

Terdapat pula batu karang raksasa di sebelah timur dan barat pantai Pok Tunggal, yang bisa anda gunakan untuk melakukan aktivitas berfoto dengan view yang elegant, terlebih jika anda mengambil foto disaat cakrawala akan terbenam. Layak anda abadikan!

Menjelang malam tiba, anda dapat menyewa tenda yang tersedia pada pengelola pantai, dan membuat tenda senyaman mungkin di pinggir pantai. Tidak lengkap rasanya jika tidak membuat api unggun, sambil bernyanyi dan tertawa, membuat suasana semakin hangat.

Selain itu, anda juga dapat memesan ikan pada masyarakat sekitar untuk menikmati malam anda di pantai. Buat api unggun dan bakar – bakar ikan, sangat seru bukan?? Yupp… Anda harus mencobanya!

senja-di-pantai-pok-tunggal

Akses Jalan Menuju Pantai Pok Tunggal

Kita dapat memulai perjalanan dari pusat kota Yogyakarta untuk anda wisatawan domestik kota lain, terdapat dua rute untuk menempuhnya:

  1. Rute menggunakan jalan Nasional III yang mengarah ke arah timur menuju Kabupaten Wonosari, yang dilanjutkan menuju pantai Pok tunggal di kabupaten gunung kidul. Jarak secara keseluruhan menempuh 66.3 Km dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 Jam.
  2. Jika rute menggunakan jalan Imogiri yang mengarah ke arah selatan menuju jalan Pantai selatan Jawa, selanjutnya anda dapat menempuhnya ke arah pantai Pok Tunggal. Jarak tempuh secara keseluruhan adalah 73 Km dengan waktu tempuh sekitar 2 – 3 Jam.
  3. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk menempuhnya, atau jika tidak menggunakan kendaraan pribadi anda dapat menyewa kendaraan yang tersedia di pusat Kota Yogyakarta, baik mobil maupun motor, sehingga anda dapat menghemat waktu tempuh jika menggunakan kendaraan umum.

Fasilitas di Pantai Pok Tunggal

Fasilitas yang tersedia di pantai Pok Tunggal cukup lengkap, mulai dari beberapa penginapan atau hotel, lahan parkir, tempat makan atau restoran, wc umum, tempat ibadah.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket retribusi Rp. 10.000 / orang, melalui TPR kawasan Pantai Gunungkidul.

Parkir Motor Rp. 2.000

Parkir Mobil Rp. 5.000

Payung Pantai Rp. 20.000

Dome / Tenda Rp. 60.000

Bagaimana anda tertarik mengunjungi Pantai Pok Tunggal di Gunungkidul Yogyakarta ini? Pantai ini sangat cocok menjadi tujuan utama tempat wisata liburan selanjutnya.

Add Comment