Punthuk Setumbu, Jogja Spot Alternatif melihat Sunrise Borobudur

Punthuk-Setumbu-Jogja.2Punthuk Setumbu Jogja – Salah satu spot terbaik untuk menikmati Matahari terbit atau Sunrise di Jogja adalah Bukit Punthuk Setumbu Jogja. Karena dari tempat ini kita dapat melihat keindahan alam akibat kemunculan matahari terbit dari balik gunung Merapi dan Merbabu.

Tak habis – habisnya menikmati tempat wisata di Jogja, selalu ada sesuatu yang baru untuk bisa di kunjungi. Jogja memang seperti surga kecil penghasil wisata, baik itu wisata alam, wisata pantai, wisata pegunungan atau wisata buatan dan masih banyak lagi wisata – wisata menarik lainnya. Namun kali ini, kita akan mengupas secara tuntas Bukit Punthuk Setumbu, Sebuah perbukitan yang menjadi salah satu spot alternatif untuk menikmati Sunrise (Matahari Terbit) di Candi Borobudur.

Letaknya tidak terlalu jauh dari Wisata Candi Borobudur, dan hanya berjarak 5 Kilometer, dan lokasi ini tidak menyerutkan pengunjung untuk dapat menikmati pemandangan sunrise dipagi hari, kira – kira apa ya yang menarik disini?

GUMUK PASIR PARANGKUSUMO, GUMUK YANG HANYA ADA 2 DI DUNIA

Apa yang menarik dari Punthuk Setumbu?

Tempat ini menjadi salah satu tempat syuting dari Film Ada Apa Dengan Cinta 2 yang di perankan oleh Nicholas Saputra dan Dian Sastro Wardoyo, yang di rilis bulan april 2016 silam.

Punthuk Setumbu merupakan sebuah perbukitan 400 mdpl (Meter Diatas Permukaan Laut) yang terletak di gugusan pegunungan Manoreh, yang mana dulunya tempat ini merupakan sebuah ladang petani masyarkat sekitar. Hingga suatu hari, seorang Fotografer memotret sunrise pada pagi hari yang amat memukau dari Perbukitan ini dan menerbitkan nya melalui sosial media, disinilah awal mula Punthuk Setumbu di kenal oleh masyarakat domestik hingga mancanegara.

Punthuk-Setumbu-Jogja.5

Punthuk Setumbu merupakan alternatif bagi beberapa kalangan yang mana jika menikmati sunrise di Candi Borobudur ini terlalu berdesakan dan tempat – tempatnya sering kali membuat pengunjung tidak puas menikmati sunrise, maka beberapa petualang mencari spot alternatif yang bisa melihat sunrise dengan panorama Candri Borobudur yang terhalangan kabut yang menyelimuti candi – candi dari kejauhan.

Untuk dapat menikmati sunrise ini di perlukan keinginan yang tinggi, sebab jika anda ingin menikmati sunrise disini anda harus sampai pada tempat parkir Punthuk Setumbu ini pada pagi hari pukul 05.00 WIB, setelah sampai di parkiran anda harus trekking dengan area yang menanjak dengan tanah merah, selama kurang lebih 15 menit, jika anda tidak kuat untuk menanjaknya, anda tetap dapat menikmati pada spot yang lebih rendah karena di sediakan gazebo untuk tetap dapat menikmati sunrise.

Pada bagian puncak Punthuk Setumbu ini terdapat pagar pembatas serta  kursi – kursi kayu, spot gazebo, rumah panggung sambil menunggu untuk menikmati sunrise dengan nyaman dan tenang, tidak asik jika hanya menikmati sunrise saja, ada baiknya mengabadikan foto sunrise tersebut untuk kemudian menjadi bukti keindahan alam jogja.

MENIKMATI PANTAI DEPOK HINGGA BERBURU IKAN SEGAR

Punthuk-Setumbu-Jogja.1

Akses Jalan Menuju Punthuk Setumbu

Jika anda memulai dari Pusat Kota Yogyakarta, anda membutuhkan perjalanan sekitar 32 Kilometer dari pusat kota menuju Candi Borobudur, waktu tempuh sekitar 1 Jam 20 Menit tanpa macet. Anda dapat menggunakan jalan Godean yang di lanjutkan dengan jalan Nanggulan Mendut untuk dapat sampati ke Candi Borobudur.

Setelah sampai ke Tempat wisata Candi Borobudur, belum tuntas perjalanan anda, anda masih harus menulusuri jalan sekitar 12 Kilo meter lagi menggunakan jalan Makadam secara lurus terus dan hati – hati nanti anda akan melihat papan tulisan untuk menuntun menuju Punthuk Setumbu, sampai di spot anda akan menemukan tulisan Borobudur Nirvana Sunrise.

Sebaiknya anda gunakan kendaraan pribadi, karena spot disini belum ada penginapan yang cukup dekat, ada pun terdapat beberapa hotel namun jaraknya cukup jauh sehingga anda harus menggunakan kembali kendaraan, Jika anda tidak menggunakan kendaraan jangan berkecil hati. Karena di Jogja terdapat beberapa sewa kendaraan seperti sewa motor atau pun sewa mobil jogja

PANTAI SEPANJANG, PANTAI KUTA RASA JOGJA

Harga Tiket Masuk

Tiket Retribusi Untuk Wisatawan Domestik Rp. 15.000

Tiket Retribusi Untuk Wisatawan Asing Rp. 30.000

Biaya parkir motor Rp. 2000

Biaya Parkir Mobil Rp. 4.000

Tips Mengunjungi Punthuk Setumbu

  • Datang sampai ke parkiran lebih awal untuk sekitar jam 04.45 WIB, jika anda merasa jalan anda pelan sebaiknya datang lebih awal untuk mendapatkan spot paling depan di puncak Punthuk Setumbu.
  • Gunakan sandal yang tidak licin, karena dataran yang anda pijak masih tanah merah yang cukup licin dengan embun pagi.
  • Datang lah pada bulan – bulan kemarau mulai dari Juni – Agustus adalah bulan terbaik untuk menikmati Sunrise dengan mata telanjang, serta jalanan tidak becek terkena hujan.

Add Comment