[Wisata Kuliner] Mengenal Sate Klathak Pak Bari, Legenda Sate Khas Jogja

Sate Klathak Pak Bari.1

Sate Klathak Pak Bari Jogja – Wisata kuliner di Jogja yang tak kalah menarik dan unik adalah Sate Klathak Pak Bari Imogiri Yogyakarta. Yaa.. Sate Klathak Pak Bari saat ini sedang Booming di berbagai sosial media.

“Sate Klathak Pak Bari itu nama tempat kuliner ya? Sate yang bagaimana? terus apa yang unik kok di beri nama Klathak?”Dalam benak anda mungkin terdapat pertanyaan seperti berikut, penasaran kan?

Tempat kuliner Jogja yang terletak di Pasar Wonokromo jalan Imogiri Timur, Kabupaten Bantul, Jogja ini sebelum booming merupakan salah satu Sate Yang Paling Legenda di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Namun pada umumnya wisatawan tidak mengetahui keberadaan tempat kuliner ini, karena memang lokasinya agak jauh dari pusat Kota Jogja. Jaraknya sekitar 12 Kilometer menuju arah Selatan Jogja, atau sekitar 30-45 menit  jika menggunakan kendaraan pribadi.

Baru – baru ini tempat kuliner kaki lima ini, menjadi sorotan media masa baik online maupun offline. Hal ini dikarenakan tempat kuliner Sate Klathak milik Pak Sabari ini menjadi salah satu lokasi Syuting film AADC 2 yang telah di rilis pada 26 April 2016 silam.

Disini Rangga ( yang diperankan oleh Nicholas Saputra ) dan Cinta ( diperankan oleh Dian Sastrowardoyo ) terlhat sedang menikmati kuliner Khas Jogja, yaitu Sate Klathak.

15 Lokasi Syuting Film AADC2 di Jogja

Apa Yang menarik dari Sate Klathak Pak Bari?

Sate Klathak Pak Bari.2Sate Klathak Pak Bari merupakan salah satu tempat kuliner “Kaki Lima” di jalan Imogiri Timur, Jogja nama Sate Klathak sendiri memang cukup unik dan membingungkan, apa arti sebenarnya dari Klathak?

Klathak diambil dari kata yang berasal dari proses pembakaran sate selalu mengeluarkan suara “Klethak Klethak” maka di ambil lah kata tersebut yang kini di juluki dengan nama Sate Klathak.

Sate Klathak Pak Bari Imogiri ini menggunakan daging kambing muda yang sebagai bahan dari sate Klathak.

Uniknya proses yang pemanggangan sate ini tidak menggunakan tusuk sate dari bambu seperti pada umumnya, melainkan menggunakan tusuk sate dari rantai jeruji besi sepeda sebagai tusukannya.

Maksud dari Pak Sabari menggunakan besi jeruji sebagai tusukan sate ini adalah besi merupakan salah satu konduktor penghantar panas yang cukup efektif sehingga pada proses pemanggangan menggunakan besi menghasilkan sate yang matang di bagian dalam maupun di luar. Unik dan efektif bukan?

Memang..  jika anda merasakan daging satenya ini, maka akan terasa nikmat luar dan dalam.

Bumbu Tradisional Sate Klathak Ala Pak Bari

Sate Klathak Pak Bari.3Mungkin jika anda membayangkan tentang kuliner Jogja, maka pada umumnya kita akan selalu membayangkan sesuatu yang berasa manis dalam setiap masakannya.

Dan jika pedagang Sate pada umumnya memberikan kecap sebagai perasa saat di bakar, maka berbeda dengan Sate Klathak Pak Bari ini.

Sate Klathak Pak Bari ini hanya menggunakan bumbu – bumbu tradisional dan garam sebagai pengganti kecap.

Kemudian bumbu pendamping yang di gunakan sendiri tidak seperti sate pada umumnya yang menggunakan bumbu kacang atau irisan cabe rawit dengan kecap.

Sate Klathak Pak Bari menggunakan kuah gulai yang tidak terlalu kental untuk bumbunya. Terbilang sederhana bukan?

Bagaimana dengan rasanya? apakah sesederhana dengan penyajiannya?

Sangat jauh dari kata sederhana untuk kelezatan rasanya.

Rasa sate Klathak Pak Bari memiliki sensasi tersendiri yang bercampur menjadi satu. Empuk, Gurih dan Meresap… Itulah rasanya ketika sate kambing ini ketika masuk ke mulut. Kenikmatanya tidak bisa diucapkan dengan kata – kata.

Namun bagi orang Jogja sendiri, rasa nikmat ini agak condong ke rasa Asin. Sebab lidah orang Jogja sudah sangat terbiasa dengan manis.

Tapi bagi anda yang diluar Jogja, Hmmm… sangat cocok untuk dijadikan referensi kepada orang lain. Bagi anda pencinta kuliner atau penggemar Daging Kambing, anda wajib untuk mencobanya.

Sangat menarik untuk dicoba.. karena sate ini tidak menggunakan daging kambing biasa melainkan kambing muda segar serta penyajian yang cukup unik.

Selain dapat memesan sate, anda juga dapat memesan tongseng kambing atau tongseng buntut kambing sebagai alternatif menu makanan lainnya. Untuk jenis minumannya hanya tersedia 2 varian yaitu teh gula batu didalam poci (yang biasa di sajikan bersama sate klathak) atau jeruk panas.

Dan tentunya harga makan dan minuman disini sangatlah  terjangkau. Apalagi bagi anda yang berasal dari kota – kota besar di Indonesia.

Rumah Makan House Of Raminten, selain murah ternyata juga unik

 Alamat Sate Klathak Pak Bari Jogja

Dari Pusat Kota Yogyakarta, anda dapat menempuhnya sekitar 12 Kilometer dengan rentan waktu sekitar 25 Menit jika tidak terkena macet, menuju arah selatan menggunakan jalan Imogiri timur.

Potakannya atau ancer – ancernya, carilah Terminal Bus Giwangan terlebih dahulu. Jika sudah menemukan, dari per4an ringroad terminal giwangan ini anda masuk ke selatan ( sebrang terminal giwangan itu sebelah selatan ) atau masuk jalan Imogiri Timur, lurus terus sampe menemukan perempatan besar ( ada lampu merah ). Itulah perempatan jejeran.

Alamat lengkap : Pasar Wonokromo Jl. Kedaton, Desa Pleret, Kel. Wonokromo, Kec. Imogiri Kabupaten Bantul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam Buka dan Harga Sate Klathak Pak Bari

Jam Buka : Pkl. 19.00 s/d Pkl. 02.00  ( sehabisnya )

Daftar Menu dan Harga

Harga 10 tusuk Sate Klathak Rp. 20.000

Harga Tongseng kambing Rp. 25.000

Harga Tongseng Buntut Kambing Rp. 25.000

Harga Jeruk / Teh Panas ( Teh Poci ) Rp. 2.500 – Rp 5.000

Tips Mengunjungi Wisata Kuliner Sate Klathak Pak Bari

  1. Bagaimana anda tertarik untuk datang ke jajakan kuliner Sate Klathak Pak Bari? Sebaiknya anda datang lebih awal bila tidak ingin berdesak – desakan, karena tempat ini semakin malam semakin ramai pengunjung yang ingin menikmati Sate Klathak ini.
  2. Jika anda baru pertama kali ke Jogja, sebaiknya anda menggunakan GPS atau Google Maps untuk mendapatkan lokasinya.
  3. JIka anda baru selesai dari wisata Pantai Gunungkidul, sebaiknya anda mengambil jalur arah Imogiri untuk menuju ke lokasi ini. Jangan mengambil jalur bukit pathuk atau bukit bintang. Karena jalur itu terlalu jauh. Sekali lagi gunakan google maps untuk mendapatkan petunjuknya.

Bagaimana?? apakah mau melewati begitu saja, kuliner Legenda Khas Jogja ini?? Rasakan Kenikmatan Sate Klathak Pak Bari Jogja ini bersama kami. Yukk… dipesen dahulu, jasa sewa motor atau mobilnya. Jangan ragu untuk konsultasi dan tanya – tanya kepada kami.

2 thoughts on “[Wisata Kuliner] Mengenal Sate Klathak Pak Bari, Legenda Sate Khas Jogja

Add Comment