Jangan Wisata ke Jogja! Sebelum Melakukan 5 Hal Ini

tips wisata jogja
Yogyakarta adalah kota yang tak mudah dilupakan. Bagi yang pernah datang ke kota ini, pesona Yogyakarta seakan mampu menyihir mereka untuk datang kembali menikmati eksotismenya.

Ada berbagai hal menarik yang bisa Anda nikmati saat berwisata ke Yogyakarta. Mulai dari destinasi wisata yang unik hingga cita rasa kuliner yang khas. Tidak cukup hanya sehari untuk menjelajahi dan mengeksplorasi semua hal itu.

Nah, supaya acara berwisata ke Yogyakarta semakin mudah dan nyaman, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

1. Manfaatkan Jasa Sewa Motor

Armada Sewa Motor di Jogja

Tidak semua jalanan di Yogyakarta bisa dijangkau oleh transportasi umum. Bahkan, bus yang biasa mengangkut penumpang dan memiliki rute yang lebih fleksibel hanya beroperasi hingga maksimal pukul 18.00 WIB. Artinya, setelah itu Anda akan mengalami kesulitan mencari transportasi umum.

Pilihan transportasi lain yang memiliki jam operasional lebih panjang adalah taksi. Tentu saja biaya naik taksi cukup mahal. Sekali-kali naik taksi tidak apa-apa, tetapi setiap saat naik taksi pasti akan membuat dompet tipis juga.

Ada pula bus Trans Jogja yang masih melayani penumpang hingga 20.30 WIB. Namun, kelemahannya terletak pada lokasi shelter bus yang terbatas. Karena itu, Anda harus berjalan kaki cukup jauh untuk mencapai lokasi-lokasi wisata tertentu.

Pilihan yang paling fleksibel, praktis, dan efektif yang bisa Anda pilih adalah motor. Di Yogyakarta, ada banyak sekali jasa persewaan motor dengan harga yang terjangkau. Anda bisa memesannya sebelum datang ke Yogyakarta dengan cara online atau via telepon. Pada hari libur panjang, Anda harus lebih sigap memesan jasa sewa motor ini karena biasanya motor cepat habis disewa oleh wisatawan.

Beberapa penyedia jasa sewa motor di Jogja bersedia mengantarkan motor tersebut hingga ke lokasi penginapan Anda sehingga Anda hanya perlu menunggu. Jangan lupa untuk mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan seperti fotokopi identitas resmi Anda.

2. Kunjungi Tempat Wisata Antimainstream

tips wisata jogja - wisata anti mainstream

Menyusuri sepanjang jalan Malioboro adalah kegiatan wajib yang tidak boleh dilupakan saat berkunjung ke Yogyakarta. Demikian pula dengan bersantai sambil menikmati wedang ronde hangat ketika berkunjung ke Alun-alun Selatan.

Namun, selain mengunjungi tempat-tempat ini, ada baiknya Anda juga mengeksplorasi berbagai tempat wisata antimainstream yang cukup populer belakangan ini. Contohnya, Gumuk Pasir, Hutan Pinus, Tebing Breksi, Kalibiru, Puncak Becici Bantul, Karts Tubing Kulonprogo, dan sebagainya.

Berkunjung ke tempat-tempat ini tentu akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi Anda. Bagaimana tidak, belum semua orang menginjakkan kaki di lokasi wisata yang baru mulai terkenal ini.

Untuk menuju ke sana, Anda tidak perlu khawatir. Sering-seringlah bertanya ke penduduk setempat dan mereka akan menunjukkan kepada Anda jalan paling mudah menuju ke lokasi wisata. Pastikan juga Anda menggunakan kostum yang sesuai supaya kegiatan berwisata menjadi semakin nyaman.

3. Belajar Berbahasa Jawa

tips wisata jogja - belajar huruf jawa

Apakah Anda bisa berbahasa Jawa? Acara berkunjung ke Yogyakarta akan semakin lancar jika seseorang memiliki kemampuan untuk berbahasa Jawa. Mengapa demikian? Masyarakat Yogyakarta pada dasarnya masih akrab dengan bahasa Jawa. Dalam percakapan sehari-hari, mereka lebih mengutamakan menggunakan bahasa Jawa.

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika bisa berbahasa Jawa. Pertama, Anda bisa lebih mudah berbaur dengan masyarakat setempat. Ikut dalam sebuah pembicaraan di warung makan tentu akan lebih mudah dilakukan jika bahasa yang digunakan sama.

Keuntungan kedua adalah Anda bisa lebih mudah bertanya tentang sesuatu, seperti menanyakan arah. Jawaban dalam bahasa Jawa pun bisa Anda mengerti dengan mudah. Ketiga, Anda memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menawar barang dagangan. Ibu-ibu yang berjualan di Pasar Beringharjo biasanya akan mudah bermurah hati jika lawan bicaranya bisa berbahasa Jawa.

4. Pahami Arah Mata Angin

tips wisata jogja - belajar arah mata angin

Penduduk Yogyakarta terbiasa menandai sebuah tempat dengan menggunakan arah mata angin. Misalnya, sebuah warung terletak di timur pom bensin. Atau, toko itu menghadap utara. Bagi yang belum terbiasa, hal ini merupakan kesulitan sendiri. Apalagi jika saat itu Anda sedang mencari tempat dan terjebak dengan penjelasan arah mata angin.

Jika sudah begini, mungkin Anda akhirnya harus menjelaskan bahwa Anda adalah pendatang yang belum terbiasa dengan penjelasan berdasarkan arah tersebut. Dengan demikian, pemberi informasi akan mengubah format penjelasannya.

5. Mencari Penginapan

tips wisata jogja - mencari penginapan di Jogja

Yogyakarta terkenal dengan kepadatan wisatawan, terutama pada musim liburan. Jangan harap Anda bisa memperoleh penginapan yang sesuai dengan keinginan jika baru mencarinya pada saat sudah tiba di Yogyakarta. Oleh karena itu, salah satu solusi terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mencari dan pesan hotel di https://www.traveloka.com/hotel.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat mencari penginapan adalah fasilitas dan kenyamanan yang ditawarkannya. Dalam hal ini, Traveloka menyediakan informasi yang cukup valid.

Nahh… Jadi, jangan ke Jogja dahulu sebelum anda melakukan 5 Hal diatas yah. Agar wisata anda di Jogja lebih nyaman dan juga tenang. Happy Traveling guys..!!

Add Comment