Wisata Air Terjun Lepo, Eksotisme Selatan Jogja yang Indahnya Berlapis-Lapis

air terjun lepo bantul yogyakarta

 

Ingin liburan asyik dan unik? Kota Yogyakarta menyimpan sejuta cerita keindahan alamnya yang menawan hati. Berbagai daerahnya menawarkan beragam destinasi wisata alam yang sangat menarik, misalnya pantai, goa, air terjun, dan masih banyak lagi. Bagi kalian para traveler, air terjun adalah pilihan tepat untuk berpetualang. Pelosok Jogja adalah tempatnya air terjun indah di kota Pendidikan ini. Air terjun Lepo adalah salah satu kawasan menarik dari pelosok selatan Jogja yang cocok untuk wisata alam.

Awalnya, tak disangka bahwa tempat wisata di daerah Bantul ini punya keistimewaan tersembunyi. Keasriannya sangat terjaga dan udaranya terasa sejuk. Alam nan hijau asri adalah pendapat pertama saya ketika berkunjung ke kawasan ini. Berbeda dengan teman-temannya, Air Terjun Lepo menyimpan suguhan yang uniknya berlapis-lapis. Air terjun ini mempunyai bentuk berundak-undak yang megah dan hanya ada di selatan Jogja.

Di samping keindahan berundaknya, setiap pengunjung dapat berendam dan berenang di kolam-kolam air terjun dengan keindahan yang berbeda-beda. Itulah segenap alasan mengapa air terjun ini mempunyai keindahan yang berlapis-lapis. Pesona itu juga yang membayar rasa lelah kami sewaktu menuju tempat ini. Fasilitas Air Terjun Lepo tergolong lengkap dan memadai. Ingin tahu lebih lanjut dari pengalaman saya berkunjung ke sana? Simak terus ya, guys…

Pesona Air Terjun Lepo Yang Tiada Tara

Tempat wisata alam ini tak pernah absen dari daftar kunjungan wisatawan. Hal itu terbukti ketika saya dan kawan-kawan berkunjung ke area menakjubkan ini ketika akhir pekan. Wajar jika pengunjungnya sampai tumpah ruah. Setiap pengunjung tampak kagum dengan panorama yang tak ada habisnya, tak terkecuali denganku.

Kesejukan alami destinasi ini sudah terasa dari jalan setapak yang mengarah ke lokasi air terjun. Pepohonan menjulang tinggi di samping kanan dan kiri jalan tersebut, sehingga udara terasa segar menyejukkan. Setelah beberapa waktu berjalan, kamu akan menemukan panorama alami yang megah. Air terjun bertingkat 3 dengan airnya yang jernih dapat kamu saksikan.

Para pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun bertingkat tersebut dengan menuruni sungai melalui tangga bebatuan yang sudah dipersiapkan. Unik, bukan? Sangat terasa alami dan memanjakan diri setiap wisatawan. Di kawasan air terjun juga tersedia bebatuan sebagai tempat duduk saat menikmati suguhan alam.

Kekaguman terus berlanjut dengan indahnya kolam-kolam air terjun yang ada di setiap tingkatannya. Setiap kolam mempunyai luas yang memadai dengan pesonanya masing-masing. Kejernihan airnya menemani untuk berendam atau berenang menikmati segarnya panorama alami yang masih perawan.

Fasilitas yang Tersedia di Obyek Wisata Air Terjun Lepo

Selain menawarkan pesona yang tak tertandingi tersebut, Air Terjun Lepo Dlingo ini mempunyai beragam fasilitas sebagai penunjang kebutuhan pengunjung. di kawasan air terjun megah ini sudah tersedia kamar mandi umum, lahan parkir, dan warung-warung sebagai penyedia makanan dan minuman.

Setelah basah-basah menikmati air terjun di kolam-kolam yang ada, kamu bisa dengan leluasa membersihkan diri di kamar mandi umum tersebut yang jumlahnya sudah memadai. Lahan parkirnya cukup luas, sehingga mampu menampung semua kendaraan pengunjung dengan rapi. Saat lapar dan dahaga menyerang, fasilitas makanan dan minuman di sekitarnya mampu mengembalikan energi yang sudah terkuras.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Lepo

Untuk menikmati sepaket kelengkapan di air terjun unik ini, terdapat biaya yang harus dipenuhi. Berapa ya, harganya? Jangan khawatir, tempat wisata ini tidak menerapkan taruf tetap sebagai tiket masuknya. Hanya saja, pengunjung disarankan untuk membayar sumbangan sukarela guna pengembangan kawasan wisata menjadi lebih baik.

Meskipun tidak ada tarif tetap untuk memasuki kawasan air terjun, setiap wisatawan harus membayar biaya parkir. Kamu harus membayar sejumlah Rp 2.000,00 untuk parkir motor dan Rp 5.000,00 bagi yang parkir mobil. Bagaimana? Cukup murah kan, guys?

Alamat Lengkap dan Rute Perjalanan

Air terjun menakjubkan ini merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di wilayah Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Alamat lengkapnya adalah di Desa Ledok Pokoh, Padukuhan Pakis 2, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. sesuai dengan letaknya yang berada di Desa Ledok Pokoh, maka air terjun ini diberi nama Lepo.

Perjalanan menuju destinasi wisata menarik ini dapat ditempuh melalui Jalan Jogja-Wonosari, kemudian menuju kawasan Kecamatan Dlingo. Setelah sampai pada perempatan kecil, belok kiri ke arah Playen dan ikuti terus jalan tersebut hingga pertigaan Kecamatan Lepo.
Sesudah itu, belok kiri dan ikuti petunjuk arah yang menuju air terjun. Sampailah kamu pada lokasi wisata. Akses jalan hingga pintu masuk sudah beraspal, namun sabarlah untuk melewati jalan setapak dari pintu masuk ke area air terjun.

Tempat Wisata di Sekitar

Salah satu air terjun di daerah Bantul ini mempunyai sensasi yang luar biasa indahnya. Pesona yang terbentuk secara alami merupakan mahakarya Tuhan yang wajib disyukuri. Momen wisata menjadi lebih berwarna dan menyehatkan tentunya. Untuk memperoleh manfaat lebih, tidak ada salahnya bagimu untuk bertandang menikmati tempat wisata di sekitarnya.

Terdapat beberapa tempat wisata yang berada di kecamatan yang sama dengan air terjun 3 tingkat ini. Mudah saja, jarak menuju Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Mangunan tak jauh dari kawasan air terjun ini. Puncak Becici juga dapat Anda kunjungi karena masih satu kawasan dengan hutan pinus. Akses jalannya juga sudah beraspal, sehingga mendukung kegiatan wisatamu.

Kuliner di Sekitar Kawasan Air Terjun

Saat melakukan perjalanan wisata, tentunya lama-kelamaan energi akan terkuras. Lapar dan dahaga akan menghampiri dan butuh asupan yang cukup untuk mengembalikan energi yang hilang. Di kawasan air terjun, sudah tersedia warung makanan dan minuman yang memfasilitasi pengunjung untuk mengisi ulang energinya.

Ada beragam menu yang dapat kamu nikmati. Jajanan, gorengan, atau makanan ringan lainnya juga tersedia untuk menemani saat santaimu. Dengan demikian, wisata kuliner dapat sekaligus kamu rasakan. Kenikmatan wisata kuliner semakin berwarna dengan suguhan pemandangan nan eksotis di selatan Jogja yang menyejukkan hati dan pikiran.

Tips Berwisata ke Air Terjun Lepo Jogja

Kawasan wisata ini sangat memukau dan mampu menciptakan momen liburan yang berkesan untukmu. Kali ini, ada beberapa tips atau saran sebagai bekal untukmu saat berwisata ke air terjun di selatan Jogja ini. Pertama, kamu harus berhati-hati ketika melewati jalan setapak yang mengarah ke lokasi air terjun. Meski lokasinya tidak terlalu jauh dari jalan raya, tetaplah berhati-hati untuk melewati jalan desa yang masih berupa cor semen dan masih terdapat bebatuan di samping kanan dan kirinya.

Kedua, berhati-hatilah ketika melewati jalan bebatuan yang mengarah ke air terjun. Jalan tersebut memang cukup licin, sehingga jika lengah sedikit saja, bukan tidak mungkin kamu akan tergelincir. Untuk itu, ingatlah untuk selalu berhati-hati setiap saat.
Wisata alam ini memungkinkanmu untuk bermain basah-basahan. Demi kenyamanan bersama, bawalah baju ganti yang nyaman dipakai. Bawa juga alat mandi untuk membersihkan badan guna menghindari risiko gatal-gatal. Jika kulitmu sensitif, janganlah lupa untuk membawa obat oles (salep) yang biasa dipakai.

Tips selanjutnya adalah menjaga kebersihan lingkungan sekitar air terjun, sehingga tetap terjaga kelestariannya. Ketika mengonsumsi makanan atau minuman, janganlah membuang bungkusnya di sembarang tempat. Buanglah sampah pada tempatnya, sehingga tidak mengotori lingkungan wisata dan merusak pemandangan.

Bagaimana menurutmu? Masihkah hanya ingin berdiam diri saat liburan? Berbagai keuntungan mampu Anda dapatkan dengan berkunjung ke Air Terjun Lepo yang fantastis ini. Cobalah relakan untuk menjelajah ke arah selatan Jogja, untuk merasakannya. Kamu dapat mengajak keluarga, rekan-rekan, pasangan, ataupun kawan sesama traveler. Rasakan sensasi liburan menyenangkan dan jadilah traveler sejati, guys!

 

Add Comment