Wisata Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Air Terjun Sri Gethuk.1Wisata Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta – Salah satu tempat wisata Air Terjun di daerah Gunungkidul Yogyakarta adalah Air Terjun Sri Gethuk, yang terletak di Daerah Playen Dingo, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Memang cukup jarang di Gunungkidul  Jogja ini tempat seperti Air terjun Sri Gethuk, karena Gunungkidul di kenal dengan daerah yang gersang dan tandus akibat gugusan bukit kapur.

Air Terjun Sri Gethuk ini sering di kaitkan dengan nama tempat wisata di Amerika yaitu Tempat wisata Grand Canyon Arizona. Air Terjun tersebut memiliki kemiripan dengan destinasi wisata di Amerika tersebut karena tempatnya yang benar – benar alami dan juga belum banyak terjamah oleh masyarakat sekitar.

Nama Air Terjun Sri Gethuk sendiri di ambil dari sebuah cerita yang melegenda, menurut masyarakat sekitar nama tersebut bermula dari sejarah yang dulunya tempat air terjun ini dianggap sebagai tempat penyimpanan Kethuk. Kethuk merupakan salah satu alat musik khas Jawa yaitu Gamelan yang di miliki oleh mahluk halus bernama Jin Anggo Meduro, nama Kethuk sendiri sekarang digunakan sebagai nama Air Terjun Sri Gethuk, konon pada waktu – waktu tertentu masyarakat sekitar sering mendengar dari tempat ini suara gamelan yang nyaring.

Apa yang menarik dari Air Terjun Sri Gethuk?

Uniknya di tempat wisata air terjun ini air yang mengalir dari atas air terjun tidak pernah berkurang, baik selama musim hujan maupun musim kemarau. Sehingga tempat ini dapat di kunjungi kapan saja yang anda mau. Namun untuk menuju lokasi ini dari tempat parkir cukup ekstrim karena terdapat 2 jalur yang dapat anda tempuh dengan menyusuri jalan setapak yang terjal atau menyusuri derasnya sungai Oya dengan menyewa perahu buatan yang terbuat dari drum bekas dan papan. Tentunya di lengkapi dengan besi penyangga, perahu rakit ini merupakan milik pemerintah yang di kelola oleh pengelola tempat Air Terjun Sri Gethuk.

Air-Terjun-Sri-Gethuk

Jika anda memilih untuk berjalan kaki, sebaiknya anda berhati – hati karena jalanan cukup licin, sebaiknya gunakan sepatu atau sandal agar tidak terlalu licin. Jangan gunakan sandal dengan Heel yang tinggi, untuk menghindari terjadinya terpeleset dan mengakibatkan kaki keseleo.

Jika anda memilih menggunakan perahu, sebaiknya datang pagi hari dan saat sungai tidak mengalami pasang dan arus sungai cukup tenang, hal ini bertujuan membahayakan pengunjung atau pun pemandu dengan menggunakan perahu rakit ini. Selain itu, sepanjang sungai anda akan di suguhi pemandangan karst batu kapur yang mengapit sungai Oya dan juga pepohonan yang rindang berwarna hijau, bukti bahwa tempat ini belum terjamah oleh masyarkat sekitar.

Kurang lebih selama 15 menit mengarungi sungai Oya, anda akan mendengar gemericik air yang membuat penasaran, itu artinya anda sedikit lagi akan sampai pada spot Air Terjun Sri Gethuk yang memberikan anda suatu pemandangan yang sangat indah. Sebuah wisata alam yang memang benar – benar menawarkan keindahan alam didalamnya, sayangnya potensi Air Terjun Sri Gethuk ini masih harus di benahi kembali agar pengunjung tidak was – was selama di perjalanan, serta pengembangan lainnya untuk mempermudah pengunjung untuk melihat wisata Air terjun ini.

Air Terjun Sri Gethuk.2

Akses Menuju Air Terjun Sri Gethuk

Dari pusat kota Yogyakarta menuju Air terjun Sri Gethuk ini tidak membutuhkan jarak yang cukup jauh, hanya berkisar kurang lebih 28 Km dari pusat kota, dari pusat kota anda menuju arah Wonosari, namun sebelu sampai ke arah Wonosari sebaiknya hati – hati, saat menemukan pertigaan gading anda ikuti petunjuk jalan untuk menuju Playen Dingo.

Dari playen dingo jaraknya tidak terlalu jauh, anda dapat bertanya pada masyarakat sekitar tempat wisata Air Terjun Sri Gethuk. Untuk menempuh tempat wisata tersebut dari pusat kota kurang lebih anda membutuhkan waktu 1 jam, dan sebaiknya gunakan kendaraan pribadi agar lebih mudah dalam melakukan pencarian lokasi.

Tetapi jika anda tidak menggunakan kendaraan pribadi, anda dapat menyewa kendaraan di sekitaran Pusat Kota Yogyakarta baik motor atau pun mobil, dengan syarat yang cukup mudah.

Harga Tiket dan Jam Buka Air Terjun Sri Gethuk

Tiket Masuk Perorangan Rp. 3.000

Sewa Perahu Rp. 5.000

Sewa Ban untuk Renang Rp. 2.000

Harga paket wisata + Goa Rancang Kencono Rp. 30.000

Jam Buka mulai dari pukul 08.00 – 16.00 WIB

Dan buka setiap hari

Add Comment